Nilai-Nilai Toleransi Dalam Rumusan Fikih Peradaban (Fikih Sosial KH.Sahal Mahfudh) dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam

Afrik Rozana, Alfina Tahta (2024) Nilai-Nilai Toleransi Dalam Rumusan Fikih Peradaban (Fikih Sosial KH.Sahal Mahfudh) dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ALFINA TAHTA FIX_095919.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Di Indonesia terdapat satu ajaran dengan sebutan "Fikih Peradaban" yang dikenalkan oleh Nahdlatul Ulama (NU). ajaran ini selaras dengan fikih sosial KH. Sahal Mahfudh, yang menerangkan bahwa fikih berrtanggung jawab atas tindakan manusia agar berlajalan pada koridor kebijakan dan tidak mengganggu pihak lain.penelitian ini memuat dua rumusan masalah yaitu: bagaimana nilai-nilai yang terrkandung dalam dikih peradaban; dan bagaimana relevansi nilai-nilai toleransi dalam rumusan fikih perradaban dengan pendidikan agama islam. penelitian ini menggunakan metodepe penelitian kepustakaan.
Dalam kajian fikih, toleransi terrmasuk dalam golongan al-muamalah atau biasa kita sebut dengan interaksi sosial dengan porsi yang begitu luas. toleransi merupakan sikap menghargai perbedaan dan dapat bekerja sama untuk mencapai cita-cita atau tujuan dalam keberagaman. Dalam pendidikan agama Islam wajah toleransi setidaknya tergambar dalam empat pokok sebagai landasan utama: kesatuuan dalam aspekmketuhanan; kesatuan kebinekaan; tidak memaksakan orang dala beragama dan berkeyakianan; sadar akan hakihat adanya agama lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Pd Alfina Tahta Afrik Rozana
Date Deposited: 12 Jul 2024 02:07
Last Modified: 12 Jul 2024 02:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36456

Actions (login required)

View Item View Item