STRATEGI PENINGKATAN PEROLEHAN ZAKAT, INFAQ DAN SHADAQAH PADA LAZISNU JEMBER

Pratama, Maulana (2024) STRATEGI PENINGKATAN PEROLEHAN ZAKAT, INFAQ DAN SHADAQAH PADA LAZISNU JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI MAULANA WM.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Mohammad Khoirul Pratama 2024 : Strategi Peningkatan Perolehan Zakat, Infaq, Shadaqah Pada Lazisnu Jember
Kata Kunci : Strategi, Pemimpin, Lazisnu.
Peningkatan perolehan zakat, infaq dan shadaqah tidak lain ialah perencanaan, pelaksanaan dan koordinasi kegiatan pengumpulan, pendistribusian dan pemanfaatan. Peningkatan penghimpunan zakat, infaq dan shadaqah didasarkan pada prinsip-prinsip dasar seperti agama Islam, amanah (yang dapat dipercaya), amalan (yang bertujuan untuk memberikan kemaslahatan sebesar-besarnya bagi yang bersangkutan), keadilan (penyaluran zakat dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku). yang adil), stabilitas hukum (yang menjamin stabilitas hukum bagi orang-orang yang bersangkutan), integrasi (yang dilakukan secara hierarkis dalam rangka meningkatkan pengumpulan, distribusi dan penggunaan zakat), serta tanggung jawab (yang dapat dipikul dan dapat diakses oleh semua orang). Komunitas).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempertanyakan bagaimana penguatan pengumpulan Zakat, Infaq dan Shadaqah di lingkungan LAZISNU Jember. Apa saja unsur yang mendukung dan menghambat strategi peningkatan pendapatan Zakat, Infaq dan Shadaqah di LAZISNU Jember?
Tujuan penelitian ini adalah 1) meningkatkan pengumpulan Zakat, Infaq dan Shadaqah di lingkungan LAZIZNU Jember. 2) Mendeskripsikan unsur-unsur pendorong dan penghambat strategi peningkatan pendapatan Zakat, Infaq dan Shadaqah di LAZIZNU Jember..
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dilakukan di LAZISNU Jember. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi, serta pengumpulan, reduksi, penyajian dan verifikasi data yang terpercaya, triagulasi teknis dan sumber.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) metode promosi Zakat, Infaq dan Shadaqah di LAZIZNU Jember dilakukan secara online, melalui platform seperti website dan jejaring sosial. Meskipun biayanya lebih terjangkau, sulit untuk menjangkau masyarakat di daerah pedesaan yang tidak terbiasa menggunakan jejaring sosial atau mengunjungi situs web. Pendekatan offline, yakni dortodoor, memungkinkan mendekatkan masyarakat dari komunitas evangelis, khususnya para pengurus senior LAZISNU. 2) Untuk mendeskripsikan unsur-unsur pendorong dan penghambat strategi peningkatan pendapatan Zakat, Infaq dan Shadaqah di LAZIZNU Jember, maka perlu diuraikan unsur-unsur yang berkontribusi terhadap peningkatan persepsi Zakat, Infaq dan Shadaqah. Faktor penghambat strategi ini adalah kurangnya komunikasi dan koordinasi antar pengurus LAZISNU, serta tidak adanya amil zakat resmi yang dibayarkan oleh LAZISNU sehingga mengganggu optimalnya kinerja organisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169903 Studies of Asian Society
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169905 Studies of Pacific Peoples' Societies
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: MK Maulana Khoirul
Date Deposited: 12 Jul 2024 03:11
Last Modified: 12 Jul 2024 03:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36459

Actions (login required)

View Item View Item