Strategi K Radio Jember Dalam Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Upaya Mempertahankan Audience Di Era Digital.

Nurilalamin, Amatullah Azka Faadiya Haya (2024) Strategi K Radio Jember Dalam Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Upaya Mempertahankan Audience Di Era Digital. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AMATULLAH AZKA FAADIYA H. N_204103010061-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

K Radio Jember telah melakukan konvergensi media dari radio analog
menjadi digital pada tahun 2015. Tanpa menghilangkan ciri khas nya sebagai radio,
K Radio Jember tetap menjadi media dengar dan bertujuan sebagai media berita
dan informasi. Dengan penggabungan media massa dengan media digital semakin
membuat K Radio Jember berkembang pesat, ditengah-tengah perusahan radio
lainnya yang kehilangan Audience-nya karena tidak menyesuaikan era digital,
namun K Radio Jember mampu mempertahankan Audience-nya, bahkan terus
bertambah. Lewat dari akun media sosialnya, yang terlihat terus bertambah
pengikutnya dan penontonnya. Maka ini hal yang menarik untuk diteliti.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini ialah : 1) Bagaimana strategi
K Radio Jember memanfaatkan media sosial sebagai upaya mempertahankan
Audience di era digital ? 2) Apa pengaruh dengan mempertahankan Audience
kepada K Radio Jember dengan memanfaatkan media sosial di era digital? Dan
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui strategi K Radio Jember dalam
pemanfaatan media sosialnya sebagai upaya mempertahankan Audience di era
digital. 2) Untuk mengetahui bagaimana K Radio Jember berkonvergensi dalam
menghadapi era digital.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis
deskriptif. Untuk pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data,
penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan data. Dan untuk teknik keabsahan
data dalam penelitian ini menggunakan analisis triangulasi sumber data dan teknik.
Penelitian ini mendapatkan kesimpulan, bahwa : 1) Strategi K Radio dalam
pemanfaatan media sosial sebagai upaya mempertahankan Audience di Era Digital
adalah dengan Strategi Compatibility, K Radio menyesuaikan dengan segmen
pasar. Strategi Habit Formation, K Radio mempunyai jadwal program rutin
mingguan yang bermacam-macam. Strategi Control of Audience Flow. K Radio
melakukan evaluasi per-bulan dan membuat konten menarik. Strategi Mass Appeal.
K Radio telah menjarah ke media digital lewat live streaming, dan K Radio menjadi
ruang aspirasi dan jalan hubung masyarakat. 2) Pengaruh K Radio Dalam
Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Mempertahankan Audience yaitu Audience
semakin bertambah dan percaya pada K Radio, Income, Menjadi Wadah Aspirasi
Masyarakat dan Penghubung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Sist Amatullah Azka Faadiya Haya Nurilalamin
Date Deposited: 12 Jul 2024 06:58
Last Modified: 12 Jul 2024 06:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36476

Actions (login required)

View Item View Item