Pengembangan Lkpd Bernuansa Etnomatematika Bentuk Jajanan Pasar Tradisional Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Kelas Viii

Amalia Pangestika, Hilda (2024) Pengembangan Lkpd Bernuansa Etnomatematika Bentuk Jajanan Pasar Tradisional Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Kelas Viii. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
T20177062_HILDA AMALIA PANGESTIKA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Etnomatematika dalam pendidikan matematika merupakan bidang penelitian baru yang sangat potensial, karena dapat diinovasikan menjadi bahan ajar dengan tujuan memperkenalkan kepada siswa mengenai tradisi masyarakat di Indonesia. LKPD merupakan lembaran-lembaran yang berisi tugas yang harus dikerjakan peserta didik yang biasanya berupa petunjuk serta langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu tugas dengan komponen penyusun meliputi petunjuk belajar, kompetensi yang dicapai, latihan dan evaluasi. Media pembelajaran ini dikembangkan untuk membantu peserta didik dan pendidik agar memiliki sudut pandang baru tentang matematika, agar pembelajaran yang di lakukan tidak jenuh.
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah 1) mendeskripsikan kevalidan lembar kerja peserta didik bernuansa etnomatematika bentuk jajanan pasar pada materi bangun ruang sisi datar kelas kelas VIII. 2) mendeskripsikan kepraktisan lembar kerja bernuansa etnomatematika bentuk jajanan pasar pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D), dengan menggunakan model penelitian dan pengembangan ADDIE, yaitu 1) Analysis, 2) design, 3) Development, 4) Implementation, 5) evaluate. Fokus pengembangan yaitu lembar kerja peserta didik bernuansa etnomatematika jajanan pasar pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan dilakakukan dengan lima tahap, yaitu: 1) tahap analisis terdiri atas analisis kebutuhan, analisis karakteristik peserta didik, dan analisis etnomatematika. 2) tahap desain atau perancangan berisi tentang perancangan LKPD, dan materi. 3) tahap pengembangan berisi tentang pengembangan atau pembuatan produk LKPD serta menyusun instrumen penelitian berupa lembar validasi dan angket. 4) tahap implmentasi atau penerapan, pada tahap ini akan dilakukan uji coba produk yang telah di lakukan validasi oleh ahli materi, ahli media, ahli bahasa. Adapun hasil skor yang diperoleh dari masing-masing validator adalah: ahli materi 82%, ahli media 74,7%, ahli bahasa 75%. 5) tahap evaluasi berisikan hasil kepraktisan yang diperoleh dari angket respon peserta didik dan angket respon guru. Adapun masing-masing skor yag di peroleh dari angket respon perserta didik adalah 94,8% , sedangkan hasil dari angket respon guru adalah 90%. Dikarenakan nilai rata-rata yang di peroleh dari lembar validasi 77,1% dan rata-rata angket respon guru dan peserta didik 92,4% maka LKPD dinyatakan valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: lembar kerja peserta didik, etnomatematika, jajanan pasar, bangun ruang sisi datar.
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Hilda Amalia Pangestika
Date Deposited: 12 Jul 2024 06:31
Last Modified: 12 Jul 2024 06:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36484

Actions (login required)

View Item View Item