Jaminan Pembiayaan Murabahah Pada Nasabah Yang Meninggal Dunia Sebelum Pembiayaan Jatuh Tempo Di BPRS Bhakti Sumekar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember 2024

Khotimah, Devi Khusnul (2024) Jaminan Pembiayaan Murabahah Pada Nasabah Yang Meninggal Dunia Sebelum Pembiayaan Jatuh Tempo Di BPRS Bhakti Sumekar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember 2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DEVI KHUSNUL KHOTIMAH_E20181077.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Devi Khusnul Khotimah, Dr. Munir Is'adi, S.E., M.Akun 2024: “Jaminan Pembiayaan Murabahah pada Nasabah yang Meninggal Dunia Sebelum Pembiayaannya Jatuh Tempo di BPRS Bhakti Sumekar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember 2024”

Penelitian ini membahas Jaminan Pembiayaan Murabahah pada Nasabah yang Meninggal Dunia Sebelum Pembiayaannya Jatuh Tempo di BPRS Bhakti Sumekar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember 2024. Mengingat Bank Syariah adalah bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip Syariah dan menurut jenisnya terdiri atas bank umum Syariah (BUS), unit usaha Syariah (UUS), dan bank pembiyaan rakyat Syariah (BPRS). Bank pembiayaan Syariah adalah bank yang menjalankan kegiatan usaha berdasarkan prinsip Syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam pembayaran atau transaksi dalam lalu lintas giral. Dalam menjalankan usahanya sebagai lembaga keuangan kegiatan bank sehari-hari tidak akan terlepas dari bidang keuangan. Sama seperti halnya perusahan lainya, kegiatan pihak perbankan secara sederhana dapat kita katakan sebagai tempat melayani segala kebutuhan para nasabahnya. Para nasabah datang silih berganti baik sebagai pembeli jasa maupun pejual jasa yang ditawarkan. Hal ini sesuai dengan kegiatan utama suatu bank yaitu menghimpun dana dari masyarakat melalui simpanan dan kemudian menyalurkan kembali kepada masyarakat umum dalam bentuk kredit atau pinjaman.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana praktek pembiayaan murabahah di BPRS Bhakti Sumekar Kaliwates Jember?, 2) Bagaimana proses penyelesaian pembiayaan murabahah pada nasabah yang meninggal dunia sebelum pembiayaannya jatuh tempo di BPRS Bhakti Sumekar Kaliwates Jember?.

Tujuan dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan praktek pembiayaan di BPRS Bhakti Sumekar Kaliwates Jember, 2) Untuk mengetahui proses penyelesaian jaminan pembiayaan murabahah pada nasabah yang meninggal dunia sebelum pembiayaannya jatuh tempo di BPRS Bhakti Sumekar Kaliwates Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, adalah: observasi,wawancara, dokumentasi. Penetuan informan menggunakan purposive. Analisis data yang digunakan model Miles, Huberman dan Saldana meliputi: koleksi data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Untuk pengujian keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi metode dan sumber.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1) Jenis jaminan asuransi pembiayaanmurabahah yang digunakan di BPRS Bhakti Sumekar Kaliwates Jember adalah jaminan dalam bentuk asuransi jiwa dengan skim syariah, yaitu dengan cara nasabah membayar premi satu kali pada saat akad yang jumlahnya sesuai dengan tabel yang diberikan oleh perusahaan asuransi dikali dengan total pembiayaan. Mekanisme asuransi pembiayaan murabahah pada BPRS Bhakti Sumekar Kaliwates Jember belum sesuai dengan Fatwa DSN No. 21/DSN-MUI/X/2001, karena nasabah tidak mengetahui hak dan kewajibannya sehingga menimbulksn ketidakjelassn dalam akad yang disebut dengan gharar. 2) Proses penyelesaian pembiayaan murabahah pada nasabah yang meninggal dunia di BPRS Bhakti Sumekar Kaliwates Jember mengajukan klaim kepada pihak asuransi yang prosesnya adalah pihak nasabah mempersiapkan berkas yang diperlukan untuk pengajuan klaim, pihak bank mempersiapkan berkas tambahan, setelah itu pihak bank memeriksa kelengkapan dokumen, selanjutnya pengajuan klaim kepada pihak asurasi. BPRS Bhakti Sumekar Kaliwates Jember telah memberikan pelayanan prima dan proaktif dalam melayani penyelesaian kalim, dengan cara menghubungi ahli waris dan mengunjungi rumah duka. Dalam hal ini BPRS Bhakti Sumekar Kaliwates Jember telah menerapkan nilai-nilai islami yaitu tolong- menolong serta prinsip ekonomi islam yaitu keadilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150204 Insurance Studies
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms DEVI KHUSNUL KHOTIMAH
Date Deposited: 15 Jul 2024 04:18
Last Modified: 15 Jul 2024 04:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36488

Actions (login required)

View Item View Item