Analisis Nilai Manfaat Dan Kemudahan Pada Pembiayaan KPR Bersubsidi Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah Pada BANK BTN Cabang Jember

Fathoni, Fathan (2024) Analisis Nilai Manfaat Dan Kemudahan Pada Pembiayaan KPR Bersubsidi Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah Pada BANK BTN Cabang Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fathan Fathoni E20171062.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Fathan Fathoni, 2024: Analisis Manfaat dan Kemudahan pada Pembiayayaan KPR Bersubsidi Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah Pada Bank BTN Cabang Jember.

Kata Kunci: Nilai Manfaat dan Kemudahan

Untuk memenuhi kebutuhan kepemilikan rumah Bank BTN Kantor Cabang Jember menawarkan produk pembiayaan KPR Bersubsidi. Yang mana pembiayaan KPR Subsidi ini bisa menjadi pilihan masyarakat berpenghasilan rendah untuk memiliki hunian tempat tinggal.

Fokusi yang diteliti pada skripsi ini yaitu: 1) bagaimana nilai manfaat yang terdapat pada pembiayaan KPR bersubsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah di Bank BTN Cabang Jember? 2) bagaimana kemudahan yang terdapat pada pembiayaan KPR bersubsidi bagi Masyarakat berpenghasilan rendah di Bank

BTN Cabang Jember?

Tujuan Penelitian ini diantara lain: 1) untuk mengetahui nilai manfaat yang terdapat pada pembiayaan KPR bersubsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah di Bank BTN Cabang Jember 2) untuk mengetahui kemudahan yang terdapat pada pembiayaan KPR bersubsidi bagi Masyarakat berpenghasilan rendah di Bank BTN Cabang Jember.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumen, wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan ialah pengumpulan data, reduksi data, rangkuman, penyusunan laporan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data.

Hasil dari penelitian ini antara lain: 1) kemudahan pembiayaan KPR Subsidi pada Bank BTN Kantor Cabang Jember yaitu melalui beberapa tahapan antara lain tahap persiapan pembiayaan, tahap analisis, tahap taksasi agunan, rapat komite, tanda tangan akad, pencairan dana, dan pembayaran angsuran. 2) Berdasarkan penelitian mengenai nilai manfaat KPR subsidi dapat disimpulkan dalam implementasinya nilai manfaat pada pembiayaan KPR bersubsidi, diantaranya ada pada aspek diri, aspek sosial, aspek kualitas, aspek harga dan efisiensi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Fathan Fathoni
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:10
Last Modified: 15 Jul 2024 08:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36509

Actions (login required)

View Item View Item