Strategi pengembangan bisnis dengan pola komunikasi bisnis franchise pada kedai lontang-lantung di Banyuwangi kecamatan genteng

Juniawati, Nandaaminatul (2024) Strategi pengembangan bisnis dengan pola komunikasi bisnis franchise pada kedai lontang-lantung di Banyuwangi kecamatan genteng. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
nanda skripsi WATER.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Nanda Aminatul Juniawati, M. Saiful Anam,. S.Ag,. M.Ag (2024): “Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Pola Komunikasi Bisnis Franchise Pada Kedai Lontang – Lantung Di Banyuwangi Kecamatan Genteng”.

Konsep bisnis franchise menjadi salah satu strategi alternatif bagi UKM untuk memberdayakan dan mengembangkan perekonomian dimasa mendatang. Melalui proses kemitraan waralaba yang saling menguntungkan antara UKM (investor/franchisee) dengan franchisor (pemilik waralaba) ataupun sebaliknya, di harapkan melakukan kegiatan komunikasi dengan baik dan benar agar bisnis berjalan sesuai tujuan, disinilah komunikasi menjadi salah satu faktor penting dalam keberhasilan usaha yang berkelanjutan. Dalam hal ini penulis meneliti tentang. 1). Bagaimana strategi pengembangan bisnis dengan pola komunikasi bisnis franchise di kedai Lontang – Lantung Banyuwangi Kecamatan Genteng. 2). Bagaimana kegiatan komunikasi bisnis franchise di kedai Lontang – Lantung Banyuwangi Kecamatan Genteng.
Tujuan dari penelitian ini yakni: 1) Untuk mengetahui strategi pengembangan bisnis dengan pola komunikasi bisnis franchise di kedai Lontang –Lantung Banyuwangi Kecamatan Genteng. 2). Untuk mengetahui kegiatan komunikasi bisnis franchise di kedai Lontang – Lantung Banyuwangi Kecamatan Genteng.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi sehingga mendapatkan hasil penelitian yang valid. Selain itu penelitian ini juga juga menggunakan teknik analisis data yakni trianggulasi sumber dan tringulasi teknik untuk mendapatkan hasil informan yang diinginkan oleh peneliti.
Hasil dari penelitian ini yakni 1). Pola pengembangan komunikasi bisnis yang dilakukan yaitu yaitu dengan komunikasi bisnis multisaluran yang dimana komunikasi yang dilakukan antara pemilik, karyawan, dan pemitra tidak ada jenjang. Strategi bisnis yang dilakukan oleh Kedai Lontang – Lantung adalah market challenger. Hal ini terlihat dari produk minuman Kedai Lontang – Lantung memberikan rasa yang sesuai dengan kaum muda saat ini, dan promosi yang digunakan juga sangat inovatif. 2). Dalam kegiatan bisnis franchise di kedai Lontang - Lantung memiliki karakteristik dan kemudahan yaitu memiliki produk dan merk dagang , penempatan lokasi, bahan baku dan alat, 100% royalty fee, promosi yang sudah besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140210 International Economics and International Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S.E Nanda Juniawati
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:19
Last Modified: 15 Jul 2024 02:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36523

Actions (login required)

View Item View Item