Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 2 Rambipuji Tahun Pelajaran 2022/2023

sari, silvia permata (2024) Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 2 Rambipuji Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SILVIA_PERMATA_SARI_T20199006[1].pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Kata kunci : Mind mapping, kreativitas belajar, IPS
Permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran yaitu pada saat proses pembelajaran mayoritas guru masih menggunakan metode ceramah yang hanya berpusat pada guru. Pada saat pembelajaran berlangsung guru hanya menerangkan dan siswa mendengarkan, sehingga membuat siswa merasa jenuh dan bosan pada saat pembelajaran berlangsung di karenakan kurangnya variasi metode pembelajaran bisa mengakibatkan siswa kurang aktif dalam membangun pengetahuannya sendiri. Terutama terhadap pembelajaran IPS karena siswa hanya menjadi pendengar pasif tanpa mempunyai kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran sehingga semangat belajar siswa kurang, oleh karena itu pembelajaran perlu di buat lebih kreatif dengan menerapkan beberapa metode
pembelajaran. Guru yang baik adalah guru yang mampu mengekspresikan secara optimal segala kemampuan yang di miliki dalam rangka mendidik siswa dengan baik.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah apakah penerapan model Mind Mapping dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 2 Rambipuji tahun ajaran 2022/2023?
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII di SMPN 2 Rambipuji tahun ajaran 2022/2023.Penelitian yang dilakukan oleh peneliti menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, tahap refleksi, dengan subjek penelitian siswa kelas VIII yang berjumlah 28 siswa.Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa, proses pembelajaran menggunakan model Mind Mapping pada siklus 1 memperoleh
nilai 21,85% dengan siswa kategori kurang kreatif sebanyak 22 siswa, dan siswa yang kategori kreatif sebanyak 6 siswa sedangkan siswa yang kategori sangat kreatif sebanyak 0 siswa, pada siklus II kreativitas siswa mengalami peningkatan yang sangat signifikan dengan nilai 42,85% dikategorikan sangat kreatif sebanyak 12 siswa, yang kategori kreatif sebanyak 11 siswa dan kurang kreatif sebanyak 5 siswa. Pada siklus terakhir siklus III kreatif siswa mengalami peningkatan yang sangat signifigkan dengan nilai 71,42% dengan kategori siswa yang sangat kreatif
sebanyak 20 siswa sedangkan yang kategori kreatif sebanyak 8 orang, dikarenakan siswa sudah mampu membuat Mind Mapping yang sesuai dengan 4 indikator rubrik kreativitas, maka penerapan model Mind Mapping untuk meningkatkan kreativitas siswa dikelas VIII D SMPN 2 Rambipuji dikatakan kurang mampu meningkatkan kreativitas siswa di karenakan materi yang di yang dilaksanakan bukan peta konsep melainkan perioderisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: mrs silvia permata sari
Date Deposited: 15 Jul 2024 03:03
Last Modified: 15 Jul 2024 03:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36530

Actions (login required)

View Item View Item