Peran Usaha “Kerupuk Tiram” Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Banyuanyar Dalam Perspektif Ekonomi Islam

SYAFI'I, AHMAD (2024) Peran Usaha “Kerupuk Tiram” Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Banyuanyar Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
NEWS. SKRIPSI SYAFI'I- se paleng tepak..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Ahmad Syafi’i, 2024: Peran Usaha “Kerupuk Tiram” Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Banyuayar Dalam Perspektif Ekonomi Islam
Kata Kunci: Kesejateraan, Pendapatan, Kerupuk tiram
Kegiatan ekonomi suatu usaha untuk meningkatkan daya dan taraf hidup masyarakat. Untuk memenuhi kebutuhan hidup maka sangat dibutuhkan lapangan pekerjaan tang banyak menyerap tenaga kerja salah satunya UMKM. Keberadan UMKM cukup dominan dalam perekonomian Indonesia karena keberadaanya bermanfaat dalam pendistribusian pendapatan masyarakat. Oleh karena itu mengatasi kemiskinan pada suatu daerah diperlukan adanya UMKM agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Dengan adanya produktivitas UMKM diharapkan mampu memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi suatu daerah.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini: 1. Bagaimana peran UMKM Kerupuk Tiram dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Banyuanyar? 2. Bagaimana peran UMKM Kerupuk Tiram dalamPerspektif Ekonomi Islam?
Tujuan dari penelitian ini: 1. Mendekripsikan peran UMKM Kerupuk Tiram dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Banyuanyar. 2. Mendeskripsikan peran UMKM Kerupuk Tiram dalam Perspektif Ekonomi Islam.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subyek penelitian menggunakan purposive dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, untuk menguji keabsahan data dan peneliti menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Peran UMKM Kerupuk Tiram dalam membatu meningkatkan kesejahteraan Desa Banyuanyar dapat diketahui dari indikator kesejahteraan yaitu pendapatan, pemukiman dan perumahan, pendidikan dan kesehatan. Maka peran UMKM Kerupuk Tiram dapat menambah pendapatan mereka dengan begitu mereka dapat membiayai pendidikan anak-anak mereka hingga ke jenjang berikutnya, dapat membangun dan merenovasi rumah mereka tanpa rasa khawatir di masa mendatang, serta mampu membiayai pengobatan yang dibutuhkan mereka secara penuh. 2. Peran UMKM Kerupuk Tiram dalam perspektif ekonomi islam terletak pada pemenuhan konsumsi rumah tangga yang dapat diatasi maka tercipta rasa aman dan damai karena mencari rejeki dengan cara yang halal dan berhasil membanguntempat tinggal mereka tanpa rasa khawatir untuk masa yang akan mendatang tentunya di imbangi dengan tauhid (beribadah kepada Allah) maka akan tercipta kebahagiaan dan ketenangan dalam hidup.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: AHMAD SYAFII
Date Deposited: 15 Jul 2024 06:50
Last Modified: 15 Jul 2024 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36531

Actions (login required)

View Item View Item