Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Materi Bangun Ruang Kubus Dan Balok Kelas Viii Di Mts Al Amien Ambulu Tahun Pelajaran 2023/2024

Qoriroh, Rifdatul (2024) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Materi Bangun Ruang Kubus Dan Balok Kelas Viii Di Mts Al Amien Ambulu Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rifdatul Qoriroh_202101070018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran matematika mempunyai tujuan penting yaitu membantu siswa dalam memahami konsep, karena belajar matematika tidak lain adalah belajar konsep dan struktur matematika, Dengan demikian guru harus bisa menggunakan model-model dan strategi pembelajaran yang tepat dalam pemahaman konsep-konsep matematika tersebut. Salah satu model pembelajaran yang dipandang memberi kontribusi dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep adalah pembelajaran Contekstual Teaching and Learning (CTL).
Tujuan Penelitian ini yaitu : 1) Untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah dilakukan pembelajaran dengan model Contekstual Theacing And Learning (CTL) materi bangun ruang kubus dan balok kelas VIII di MTs Al Amien Ambulu Tahun Pelajaran 2023/2024. 2) Untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah dilakukan pembelajaran dengan model Contekstual Theacing And Learning (CTL) materi bangun ruang kubus dan balok kelas VIII di MTs Al Amien Ambulu Tahun Pelajaran 2023/2024. 3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model Pembelajaran Contekstual Theacing And Learning (CTL) terhadap pemahaman konsep siswa materi bangun ruang kubus dan balok kelas VIII di MTs Al Amien Ambulu Tahun Pelajaran 2023/2024.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, desain penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan bentuk penelitian Non-Equivalent Group Post-test Only Design. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling, Terpilih kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sampel T-Test.
Hasil penelitian ini adalah Berdasarkan hasil uji t dapat dilihat bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 sehingga dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil post-test kelas ekperimen dan kelas kontrol yaitu 78,28 > 69,02 dimana rata-rata hasil post-test kelas eksperimen lebih besar disbanding dengan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam penelitian ini model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa materi bangun ruang kubus dan balok kelas VIII di MTs Al Amien Ambulu.
Kata Kunci : Pembelajaran Contekstual Teaching and Learning (CTL), Pemahaman matematis, Bangun ruang kubus dan balok

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: PENGARUH P Rifdatul Qoriroh
Date Deposited: 15 Jul 2024 06:22
Last Modified: 15 Jul 2024 06:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36537

Actions (login required)

View Item View Item