Pemanfaatan Media Canva dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas XI Mipa 3 SMA Negeri 1 Muncar Banyuwangi

Kusuma Wardhani, Anggi Dwi (2024) Pemanfaatan Media Canva dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas XI Mipa 3 SMA Negeri 1 Muncar Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ANGGI DWI KUSUMA WARDHANI (1) 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Anggi Dwi Kusuma Wardhani, 2024: Implementasi Pemanfaatan Media Canva dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI MIPA 3 di SMA Negeri 1 Muncar Banyuwangi

Kata Kunci: Canva, Media Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam.

Pendidikan Agama Islam (PAI) memegang peranan penting dalam sistem pendidikan, terutama bagi komunitas Muslim. Proses pada pembelajaran PAI sering menghadapi berbagai tantangan, seperti kurangnya minat siswa, metode pengajaran yang monoton, serta keterbatasan media pembelajaran yang inovatif dan menarik. Canva adalah platform desain grafis yang mudah digunakan dan menyediakan berbagai template dan alat desain yang memungkinkan guru untuk membuat materi pembelajaran yang menarik secara visual dan interaktif
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: Bagaimana pemanfaatan penggunaan aplikasi Canva dalam pembelajaran di SMA Negeri 1 Muncar Banyuwangi?. Tujuan penelitian ini adalah: menggali sisi kreativitas Pendidik dan Peserta Didik dalam proses belajar mengajar dengan membuat materi belajar (bahan ajar) yang menarik sehingga mendorong hasil belajar yang lebih baik. Serta menginspirasi inovasi pendidikan di SMA Negeri 1 Muncar Banyuwangi dan memperluas batas-batas pemikiran tentang bagaimana teknologi dapat mendukung pembelajaran yang lebih baik.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif, peneliti dapat mengeksplorasi dan menggambarkan keadaan di lapangan secara mendalam dan spesifik. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi Canva membantu guru dan siswa dalam melakukan pembelajaran yang berbasis teknologi, keterampilan dan kreativitas. Melalui media canva, diharapkan mampu memberikan pembelajaran yang positif sebagaimana suatu aplikasi yang sudah banyak disediakan, sehingga dapat dimanfaatakan sebagai media pembelajaran berbasis teknologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anggi Dwi Kusuma Wardhani
Date Deposited: 15 Jul 2024 06:46
Last Modified: 15 Jul 2024 06:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36538

Actions (login required)

View Item View Item