Manajemen Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Sunan Ampel Kamalkuning Krejengan Kabupaten Probolinggo Tahun Ajaran 2023/2024.

MUSDALIFAH, SINDI (2024) Manajemen Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Sunan Ampel Kamalkuning Krejengan Kabupaten Probolinggo Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH. Ahmad Siddiq Jember.

[img] Text
SINDI MUSDALIFAH fix bangett-1_compressed.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Sindi Musdalifah, 2023: Manajemen Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Sunan Ampel Kamalkuning Krejengan Kabupaten Probolinggo Tahun Ajaran 2023-2024.
Kata kunci : Manajemen Ekstrakurikuler Pramuka, Kecerdasan Emosional.

Lembaga pendidikan pasti memiliki kegiatan yang membantu pembentukan karakter peserta didik salah satunya kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Ekstrakrikuler pramuka merupakan salah satu kegiatan di luar jam pelajaran sekolah yang memiliki beberapa fungsi, diantaranya untuk membantu membentuk atau meningkatkan kecerdasan emosional para peserta didik.
Fokus penelitian ini adalah Bagaimana Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, dan Pengawasan Manajemen Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Sunan Ampel Kamalkuning Krejengan Kabupaten Probolinggo.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan manajemen ekstrakurikuler pramuka, mengetahui proses pengorganisasian manajemen ekstrakurikuler pramuka dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik, apa saja pelaksanaan manajemen ekstrakurikuler pramuka dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik, serta mendeskripsikan pengawasan manajemen ekstrakurikuler pramuka dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana dengan melakukan: Kondensasi data, Penyajian data, kesimpulan, penarikan data/verifikasi. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah Perencanaan Manajemen Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik di Madrasaha terlaksana dengan melibatkan kepala sekolah, kesiswaan, guru, Pembina pramuka dalam merumuskan tujuan yang membentuk visi dan misi, serta rapat koordinasi, dan penentuan jadwal ekstrakurikuler pramuka. Pengorganisasian Manajemen Ekstrakurikuler Pramuka di madrasah dilaksanakan dengan membagi tugas kepada seluruh anggota pramuka. Pelaksanaan Manajemen Ekstrakurikuler Pramuka di madrasah dilaksanakan setiap hari sabtu dengan pemberian materi kepramukaan dengan praktik. Pengawasan Manajemen Ekstrakurikuler Pramuka di madrasah dilakukan langsung dengan memantau kegiatan pramuka pada setiap latihan kegiatan pramuka berlangsung, dan yang mengawasi jalannya kegiatan adalah pembina ekstrakurikuler pramuka dan kepala sekolah dalam waktu tertentu. dan akan melakukan evaluasi untuk mengetahui tindakan yang akan dilakukan selanjutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Sindi Musdalifah
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:48
Last Modified: 15 Jul 2024 07:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36543

Actions (login required)

View Item View Item