Analisis Pendidikan Karakter Berbasis Pondok Pesantren Dalam Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi

Firmansyah, Asshiddiqi Maulana (2024) Analisis Pendidikan Karakter Berbasis Pondok Pesantren Dalam Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (Analisis Pendidikan Karakter Berbasis Pondok Pesantren Dalam Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi)
Asshiddiqi Maulana Firmansyah_T20181468.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pada zaman modern sekarang ini, pendidikan dapat diakses lewat media mana saja termasuk media online. Salah satu efek dari model pembelajaran pendidikan lewat media online adalah kurangnya perhatian pada peserta didik, sehingga karakter dari peserta didikpun kurang dipahami dan dimengerti oleh pendidik. Beberapa orang tua merasa anaknya tidak mendapatkan pendidikan karakter di sekolah dan memilih lembaga pendidikan pondok pesantren sebagai salah satu sarana prasara baik dari segi ilmu pengetahuan maupun akhlak. Pentingnya pendidikan karakter di lingkungan pondok pesantren dapat disampaikan dengan berbagai cara, salah satunya melalui karya sastra yakni novel Negeri 5 Menara yang ditulis oleh Ahmad Fuadi.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Apa saja nilai-nilai pendidikan karakter berbasis pondok pesantren dalam novel Negeri 5 Menara? 2) Bagaimana analisis pendidikan karakter berbasis pondok pesantren dalam novel Negeri 5 Menara?
Berdasarkan fokus penelitian di atas, maka tujuan penelitian ini sebagai berikut: 1) Untuk mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan karakter berbasis pondok pesantren dalam novel Negeri 5 Menara. 2) Untuk menganalisis pendidikan karakter berbasis pondok pesantren dalam novel Negeri 5 Menara?
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif di mana prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis dan bukan angka yang biasanya disusun ke dalam teks yang diperluas. Objek penelitian ini berupa karya sastra yang berjenis novel maka penelitian ini termasuk jenis penelitian naskah, penelitian ini bertumpu pada studi pustaka (library research). Selain itu penelitian ini juga digolongkan kedalam metode deskriptif sastra, metode deskriptif dapat diartikan sebagai prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan atau melukiskan keadaan subjek atau objek penelitian (novel, drama, cerita pendek dan puisi).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pendidikan karakter berbasis pondok dalam novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi, dimana meliputi beberapa aspek yaitu religius, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, dan tanggung jawab. Ketujuh aspek tersebut mengajarkan untuk memiliki kualitas karakter-karakter yang baik dengan dasar pendidikan Agama Islam.

Kata Kunci : Analisis, Pendidikan Karakter, Novel Negeri 5 Menara

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asshiddiqi Maulana Firmansyah
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:05
Last Modified: 15 Jul 2024 07:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36544

Actions (login required)

View Item View Item