Analisis Pemahaman Konsep Siswa Kelas X IPA Pada Materi Virus Ditinjau Dari Gaya Belajar Di MA Raudlatul Syabab Jember TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Fatoni, Fajar (2024) Analisis Pemahaman Konsep Siswa Kelas X IPA Pada Materi Virus Ditinjau Dari Gaya Belajar Di MA Raudlatul Syabab Jember TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Uin Kh Ahcmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK-031-TADRIS-BIO-2024)
HARD-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Analisis kualitatif mendalam terkait pemahaman konsep Siswa
berdasarkan gaya belajar visual auditori kinestetik (VAK) pada pembelajaran
biologi sangat dibutuhkan guna memberikan wawasan yang lebih luas tentang
bagaimana Siswa belajar secara efektif dan membantu dalam merancang strategi
pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar individu mereka.
Fokus penelitian ini adalah Bagaimana pemahaman konsep Siswa kelas X
IPA pada materi Virus ditinjau dari gaya belajar di MA Raudlatus Syabab Jember
tahun pelajaran 2023/2024?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik angket,
observasi, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi, serta keabsahan
datanya menggunakan triangulasi sumber untuk mengecek data yang telah
diperoleh melalui beberapa sumber dan triangulasi teknik yang digunakan
narasumber yang sama dengan teknik yang berbeda.
Penelitian ini memperoleh hasil, yakni: Untuk pemahaman konsep biologi
Siswa dengan gaya belajar visual ini subjek mencapai memenuhi 5 kategori dan
proses kognitif menurut Anderson & Krathwohl, yaitu menafsirkan (interpreting),
mencontohkan (exemplifying), meringkas (summarizing), mengklasifikasikan
(classifying ), dan membandingkan (comparing). Pemahaman konsep biologi
Siswa dengan gaya belajar auditori ini, dari subjek yang diteliti, subjek mencapai
5 kategori dan proses kognitif menurut Anderson & Krathwohl, yaitu menafsirkan
(interpreting), mencontohkan (exemplifying), menjelaskan ( explaining ) ,
meringkas (summarizing), dan membandingkan (comparing) dan pemahaman
konsep biologi Siswa dengan gaya belajar kinestetik ini, dari subjek yang diteliti,
subjek mencapai 6 kategori dan proses kognitif menurut Anderson & Krathwohl,
yaitu menafsirkan (interpreting), mencontohkan (exemplifying), menjelaskan (
explaining ) , meringkas (summarizing), dan membandingkan (comparing), dan
mengklasifikasikan (classifying ).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060101 Analytical Biochemistry
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060102 Bioinformatics
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060114 Systems Biology
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Fajar Fatoni
Date Deposited: 15 Jul 2024 06:51
Last Modified: 30 Jul 2024 06:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36545

Actions (login required)

View Item View Item