Nabila, Silvi (2024) Pembelajaran Nahdlatul Ulama Menggunakan Strategi Ekspositori Pada Siswa Kelas Viii Di Sekolah Menengah Pertama Plus Miftahul Ulum Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text (SK-184-PAI-2024)
Silvi Nabila T20191192.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Silvi Nabila, 2024: Pembelajaran Nahdlatul Ulama Menggunakan Strategi Ekspositori
Pada Siswa Kelas VIII Di Sekolah Menengah Pertama Plus Miftahul Ulum Kalisat
Jember Tahun Pelajaran 2023/2024
Kata Kunci: Pembelajaran Nahdlatul Ulama, strategi ekspositori
Pembelajaran Nahdlatul Ulama merupakan usaha yang dilakukan untuk
mempelajari tentang Nahdlatul Ulama Ahlussunnah wal Jama'ah. Pembelajaran
Nahdlatul Ulama dijadikan salah satu program mata pelajaran di SMP Plus Miftahul
Ulum Kalisat Jember dengan tujuan untuk menguatkan pemahaman siswa terhadap
paham Ahlussunnah wal Jama’ah. Dalam proses pembelajaran tentunya menginginkan
hasil pembelajaran yang baik, maka digunakan strategi pembelajaran. Biasanya guru
pembelajaran Nahdlatul Ulama di SMP Plus Miftahul Ulum Kalisat Jember
menggunakan metode Discovery Learning namun, hasil pembelajaran Nahdlatul Ulama
kurang memuaskan, sehingga guru mengubah metode pembelajaran discovery learning
dengan strategi eskpositori yang diharapkan dapat membantu mencapai keberhasilan
tujuan pembelajaran Nahdlatul Ulama.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran
Nahdlatul Ulama menggunakan strategi ekspositori pada siswa kelas VIII di Sekolah
Menengah Pertama PLUS Miftahul Ulum Kalisat Jember tahun pelajaran 2023/2024? 2)
Bagaimana evaluasi pembelajaran Nahdlatul Ulama menggunakan strategi ekspositori
pada siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Plus Miftahul Ulum Kalisat
Jember tahun pelajaran 2023/2024?.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran
Nahdlatul Ulama menggunakan strategi ekspositori pada siswa kelas VIII di Sekolah
Menengah Pertama PLUS Miftahul Ulum Kalisat Jember tahun pelajaran 2023/2024. 2)
Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Nahdlatul Ulama menggunakan strategi
ekspositori pada siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Plus Miftahul Ulum
Kalisat Jember tahun pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan
(Field Reserch). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan
wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam skripsi ini melalui
beberapa cara yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji
kebasahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian adalah 1) Pembelajaran Nahdlatul Ulama menggunakan
strategi ekspositori. a) Guru memulai kegiatan pembelajaran dengan salam dan bdoa
bersama. b) Persiapan dengan mengemukakan tujuan. c) Penyampaian materi
menggunakan bahasa dan intonasi suara yang memudahkan siswa memahami materi
yang disampaikan, serta melakukan ice breaking ketika siswa mulai bosan dalam
pembelajaran. d) Korelasi, menghubungkan materi dengan pengalaman. e)
Menyimpulkan Materi. f) Mengaplikasikan. g) Menutup pembelajaran dengan doa. 2)
Evaluasi pembelajaran Nahdlatul Ulama menggunakan strategi ekspositori. Evaluasi
digunakan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa-siswi terhadap apa yang
sudah diterima karena kemampuan antarsiswa berbeda, maka evaluasi sangat
dibutuhkan dalam pembelajaran. Evaluasi yang digunakan adalah evaluasi formatif
yang berupa soal di LKS dan game edukasi, dan evaluasi sumatif yaitu penilaian setelah
selesai pembelajaran pada satu semester/akhir tahun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs SILVI NABILA |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 06:26 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 07:48 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36559 |
Actions (login required)
View Item |