Upaya Peningkatan Kesadaran Lingkungan Pada Anak Usia Dini Melalui Simulasi Banjir Di Kelompok B4 Tk Plus Al- Ishlah Desa Jenggawah Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

SALAMAH, SAFINATUS (2024) Upaya Peningkatan Kesadaran Lingkungan Pada Anak Usia Dini Melalui Simulasi Banjir Di Kelompok B4 Tk Plus Al- Ishlah Desa Jenggawah Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
WATERMARK SKRIPSI SAFINA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Upaya pengenalan kesadaran lingkungan pada anak usia dini sangat penting untuk membentuk sikap dan perilaku mereka dalam menjaga lingkungan. Berdasarkan hasil observasi awal di Tk Plus Al - Ishlah masih banyak anak usia dini yang belum mengetahui bagaimana pentingnya kesadaran lingkungan dan kurangnya pendidik yang terampil dalam menerapkan sikap kesadaran lingkungan pada anak di sekolah. Seperti contohnya anak masih membuang sampah sembarangan yakni tidak pada tempatnya, hal tersebut menjadi alasan utama bagi guru untuk menerapkan kegiatan peduli lingkungan dengan meggunakan simulasi banjir.
Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana upaya peningkatan kesadaran lingkungan pada anak usia dini melalui simulasi banjir di kelompok B4 Tk Plus Al- Ishlah Jenggawah Jember tahun pelajaran 2023/2024 ? 2) Bagaimana hambatan-hambatan dalam kesadaran lingkungan pada anak usia dini melalui simulasi banjir di kelompok B4 Tk Plus Al- Ishlah Jenggawah Jember tahun pelajaran 2023/2024?
Tujuan Penelitian: 1) Mendeskripsikan bagaimana upaya peningkatan kesadaran lingkungan pada anak usia dini melalui simulasi banjir di kelompok B4 Tk Plus Al-Ishlah Jenggawah Jember tahun pelajaran 2023/2024 2) Mendeskripsikan bagaimana hambatan-hambatan dalam kesadaran lingkungan pada anak usia dini melalui simulasi banjir di kelompok B4 Tk Plus Al- Ishlah Jenggawah Jember tahun pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Fielf research, Lokasi penelitian di Tk Plus Al-Ishlah, Subjek penelitian yakni Kepala Sekolah, Guru kelas, Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif sesuai teori Miles, Huberman dan Saldana yakni kondensi data, penyajian data dan, kesimpulan dengan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini menghasilkan bahwasannya dalam Upaya Peningkatan kesadaran lingkungan anak usia dini melalui simulasi banjir Dengan menggunakan metode simulasi banjir ini terdapat beberapa langkah-langkah untuk peningkatan kesadaran lingkungan pada anak-anak melalui metode simulasi banjir, yakni diantaraya: (a) guru menyediakan alat media dan bahan untuk kegiatan simulasi, (b) Guru menyiapkan pemahaman terhadap anak untuk menghadapi bencana alam dengan meningkatkan kesadaran tentang bencana banjir, (c) Guru dan anak-anak menerapkan kesadaran lingkungan melalui metode simulasi banjir. Sedangkan hambatan-hambatan dalam peningkatan kesadaran lingkungan pada anak usia dini melalui simulasi banjir ini diantaranya: (a) keterbatasan alat dan bahan, (b)perhatian dan partisipasi anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Unnamed user with email salamahsafina14@gmail.com
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:07
Last Modified: 15 Jul 2024 07:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36567

Actions (login required)

View Item View Item