Manajemen pengembangan minat dan bakat melalui ekstrakurikuler membatik di sekolah menengah atas pancasila ambulu

Salsabila, Aprilia (2024) Manajemen pengembangan minat dan bakat melalui ekstrakurikuler membatik di sekolah menengah atas pancasila ambulu. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Aprilia_Salsabila_T20193010-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Aprilia Salsabila, 2024: Manajemen Pengembangan Bakat dan Minat Siswa Melalui Ekstrakurikuler Membatik di SMA Pancasila Ambulu
Kata Kunci: Manajemen Pengembangan, Bakat dan Minat, Ekstrakurikuler Membatik
Bakat dan minat perlu dikembangkan dengan baik agar dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman untuk mengembangkan keterampilan belajar dan bekerja di masa depan. Pengembangan minat dan bakat peserta didik dapat diwujudkan melalui kegiatan ekstrakurikuler yang merupakan salah satu bentuk kegiatan dari program kurikuler. Oleh karena itu setiap sekolah memiliki ragam kegiatan ekstrakurikuler yang berbeda dan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang menarik serta dapat dijdikan sarana atau wadah dalam mengembangkan minat dan bakat seni peserta didik yaitu seni membatik.
Adapun fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pengembangan minat dan bakat sebelum adanya ekstrakurikuler membatik, 2) Bagaimana proses manajemen pengembangan minat dan bakat melalui ekstrakurikuler membatik, dan 3) Bagaimana hasil pengembangan minat dan bakat siswa melalui ekstrakurikuler membatik di Sekolah Menengah Atas Pancasila Ambulu?
Tujuan dari penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui dan mendeskripsikan 1) Pengembangan minat dan bakat sebelum adanya ekstrakurikuler membatik, 2) Proses manajemen pengembangan minat dan bakat melalui ekstrakurikuler membatik, dan 3) Hasil pengembangan minat dan bakat siswa melalui ekstrakurikuler membatik di Sekolah Menengah Atas Pancasila Ambulu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Participatory Action Research (PAR). Adapun teknik pegumpulan data yang digunalan dalam penelitian ini diantaranya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis penelitian yang digunakan yaitu model Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Sebelum adanya ekstrakurikuler membatik peserta didik yang memiliki minat dan potensi di bidang seni menggambar atau melukis kurang tersalurkan. Sehingga sekolah membentuk kegiatan ekstrakurikuler membatik sebagai wadah pengembangan minat dan bakat peserta didik di bidang seni lukis. 2) Proses pengembangan minat dan bakat siswa melalui ekstrakurikuler membatik di Sekolah Menengah Atas Pancasila Ambulu berkaitan dengan manajemen ekstrakurikuler yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi sudah berjalan dengan efektif dan efisien. Pengembangan minat dan bakat siswa melalui kegiatan pelatihan membatik berjalan dengan baik terlihat dengan munculnya indikator minat.3) Pengembangan minat dan bakat melalui ekstrakurikuler membatik menghasilkan perubahan perilaku ke arah yang positif. Untuk mencapai tujuan, Sekolah Menengah Atas Pancasila Ambulu bekerja sama dengan Sanggar Batik Resti dan aktif untuk mengenalkan batik karya peserta didik melalui kegiatan-kegiatan yang ada di dalam maupun di luar sekolah sehingga menarik peserta didik untuk ikut serta dalam kegiatan ekstrakurikuler membatik dan mengembangkan kemampuan yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Aprilia Salsabila
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:51
Last Modified: 15 Jul 2024 08:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36594

Actions (login required)

View Item View Item