Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Untuk Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengethuan Sosial Kelas VII Di Sekolah Menengah Pertama "LAB" Jenggawah Tahun Pelajaran 2023/2024

Amalia, Riski Hidayatul (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Untuk Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengethuan Sosial Kelas VII Di Sekolah Menengah Pertama "LAB" Jenggawah Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Riski Hidayatul Amalia, Watermak_compressed.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Riski Hidayatul Amalia, 2024. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Untuk Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII Di Sekolah Menengah Pertama “LAB” Jenggawah Tahun Pelajaran 2023/2024.

Kata Kunci: Kemampuan Bekerjasama, Kooperatif Tipe Scramble, Model Pembelajaran Kooperatif

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kemampuan bekerjasama siswa yang disebabkan karena masih banyak siswa yang kurang berkontribusi dalam pembelajaran IPS secara berkelompok.
Fokus penelitian ini adalah: Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dapat meningkatkan kemampuan bekerjasama siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII di Sekolah Menengah Pertama “LAB” Jenggawah tahun pelajaran 2023/2024?.
Tujuan penelitian ini yaitu: Untuk meningkatkan kemampuan bekerjasama siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama “LAB” Jenggawah tahun pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan lembar observasi tentang kemampuan bekerjasama. Sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif presentase, serta keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe scramble efektif dalam meningkatkan kemampuan bekerjasama siswa pada mata pelajaran IPS. Hal tersebut terlihat dari hasil observasi sebelum dilakukannya tidakan hingga dilakukannya tindakan siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukannya tindakan kemampuan bekerjasama siswa memperoleh nilai rata-rata 45% yang berada pada rentang 30-49% dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan kelas pada Siklus I, kemampuan bekerjasama siswa dapat meningkat menjadi 55,02% yang berada pada rentang 50-69% dengan kategori Cukup. Sedangkan pada Siklus II, kemampuan bekerjasama siswa mengalami peningkatan menjadi 92% yang berada pada rentang 90-100% dengan kategori Sangat Baik. Dengan adanya hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe scramble dapat meningkatkan kemampuan bekerjasama siswa kelas VII di SMP “LAB” Jenggawah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ms Riski Hidayatul Amalia
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:14
Last Modified: 15 Jul 2024 08:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36596

Actions (login required)

View Item View Item