LUTFIAH TUR, ROBBANI (2020) Kinerja Mengajar Guru Dalam Membentuk Adab Menuntut Ilmu Melalui Pembelajaran Kitab Izzul Adab Fi Tarjamatil Mathlab Di Ponpes Ash-Shiddiqi Puteri”. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
Lutfiah Tur Robbani_T20151241.pdf Download (29MB) |
Abstract
Lutfiah Tur Robbani, 2020: “Kinerja Mengajar Guru Dalam Membentuk Adab Menuntut Ilmu Melalui Pembelajaran Kitab Izzul Adab Fi Tarjamatil Mathlab Di Ponpes Ash-Shiddiqi Puteri” Mempelajari ilmu akhlak atau adab tidak hanya di lembaga formal saja, akan tetapi juga pada lembaga non formal. Adab merupakan suatu tuntunan bagi seseorang di dalam mempelajarinya karena tidak ada bagian dari aktivitas kehidupan yang terlepas dari tata cara (adab) yang diikutinya. Banyak dijumpai di lingkungan sekitar yang berdampak negatif bagi kalangan remaja, oleh karena itu pesantrean merupakan tempat yang cocok di dalam menambah ilmu pengetahuan tentang adab dan keagamaan seperti adanya kajian kitab izzul adab fi tarjamatil mathlab. Fokus Penelitian: 1). Bagaimana kinerja mengajar guru dalam perencanaan pembelajaran untuk membentuk adab menuntut ilmu melalui kitab izzul adab fi tarjamatil mathlab di Ponpes Ash-Shiddiqi Puteri? 2). Bagaimana kinerja mengajar guru dalam pelaksanaan pembelajaran untuk membentuk adab menuntut ilmu melalui kitab izzul adab fi tarjamatil mathlab di Ponpes Ash-Shiddiqi Puteri? 3). Bagaimana kinerja mengajar guru dalam evaluasi pembelajaran untuk membentuk adab menuntut ilmu melalui kitab izzul adab fi tarjamatil mathlab di Ponpes Ash-Shiddiqi Puteri? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1). kinerja mengajar guru dalam perencanaan pembelajaran untuk membentuk adab menuntut ilmu melalui kitab izzul adab fi tarjamatil mathlab di Ponpes Ash-Shiddiqi Puteri. 2). Mendeskripsikan kinerja mengajar guru dalam pelaksanaan pembelajaran untuk membentuk adab menuntut ilmu melalui kitab izzul adab fi tarjamatil mathlab di Ponpes Ash-Shiddiqi Puteri. 3).Mendeskripsikan kinerja mengajar guru dalam evaluasi pembelajaran untuk membentuk adab menuntut ilmu melalui kitab izzul adab fi tarjamatil mathlab di Ponpes Ash-Shiddiqi Puteri Metode dalam Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitianya adalah deskriptif. Teknik subyek penelitian menggunakan purposive. pengumpulan datanya mengunakan observasi non partisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan analisis data kualitatif Milles dan Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah: 1) kinerja mengajar guru dalam merencanakan pembelajaran yaitu adanya tujuan pembelajaran, menggunakan media seperti alat tulis, papan tulis, metode yang digunakan yakni bandongan, ceramah dan metode hafalan. 2) kinerja mengajar guru dalam melaksanakan pembelajaran ada tiga yakni membuka pelajaran dengan salam, doa dan tawasul, menyampaikan materi pembelajaran dan menutup pembelajaran yaitu diakhiri doa penutup dan salam. 3). kinerja mengajar guru dalam evaluasi pembelajaran yaitu dengan hafalan, kelancaran membaca dengan menunjuk langsung santri dan ulangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 18 Mar 2022 01:36 |
Last Modified: | 30 Mar 2022 04:04 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3660 |
Actions (login required)
View Item |