Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7e Berbantuan Media Realia Terhadap Minat Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X Di Sma Negeri 3 Bondowoso Tahun Pelajaran 2023/2024

Jannah, Indah Tul (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7e Berbantuan Media Realia Terhadap Minat Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X Di Sma Negeri 3 Bondowoso Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
INDAH TUL JANNAH_T20198081.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Indah Tul Jannah, 2024 : Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan Media Realia terhadap Minat Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA Negeri 3 Bondowoso.
Kata Kunci : Learning Cycle 7E, Minat Belajar, dan Kemampuan Berpikir Kritis
Rendahnya minat belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa dipengaruhi oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Maka dari itu, perlunya penggunaan model pembelajaran dengan tepat, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan media realia. Adanya penambahan penggunaan media realia dalam penelitian ini untuk menambah pemahaman siswa dengan cara mengamati secara langsung mengenai hal-hal yang berkaitan dengan keanekaragaman hayati, serta membuat suasana belajar yang
menarik dan menyenangkan.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk: 1)Mendeskripsikan minat belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen setalah diterapkan model pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan media realia pada materi keanekaragaman hayati; 2) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah diterapkan model pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan media realia pada materi keanekaragaman hayati; 3) Mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan media realia terhadap minat belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati; 4) Mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan media realia terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi keanekaragaman hayati.
Metode penelitian yang digunakan yakni kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, desain Quasy Eksperimen dengan bentuk penelitian Nonequivalent Group Postest Only Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Bondowoso yang berjumlah 109 siswa, adapun sampel yang dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas X1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 36 dan kelas X2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 36. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes, dan angket. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Z.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Minat belajar skor rata-rata kelas eksperimen sebesar 47,75 lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 42,61; 2) Nilai rata-rata tes kelas eksperimen sebesar 40,25 lebih tinggi dari kelas kontrol
sebesar 35,77; 3) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan media realia terhadap minat belajar dengan nilai sig 0,000 < 0,05; 4) Terdapat pengaruh yang siginifikan model pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan media realia terhadap kemampuan berfikir kritis dengan nilai sig 0,001 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060202 Community Ecology (excl. Invasive Species Ecology)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Indah Tul Jannah
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:32
Last Modified: 15 Jul 2024 08:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36601

Actions (login required)

View Item View Item