Pembelajaran Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Pribadi Muslim Di Mts. Zainul Hasan Kecamatan Balung Kabupaten Jember

Zaenulloh, Muhammad (2024) Pembelajaran Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Pribadi Muslim Di Mts. Zainul Hasan Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI ZAENULLOH watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan akhlak dalam membentuk kepribadian muslim yang diajarkan guru di sekolah, tidak cukup hanya dengan teori-teori yang memenuhi kognitif siswa. Tetapi yang lebih penting pendidikan akhlak yang diberikan terintegrasi dalam proses belajar mengajar ataupun diluar proses belajar mengajar. Seperti mencontohkan bagaimana cara berlaku yang baik terhadap orang yang lebih tua dan apa yang harus dilakukan ketika berhadapan dengan orang yang lebih muda. Seorang guru sebagai suri tauladan bagi para siswanya, dapat memberikan motifasi bagi anak didiknya untuk senantiasa berakhlak mulia.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana interaksi sosial guru Aqidah Akhlak dalam membentuk pribadi muslim di Mts. Zainul Hasan Balung?, 2) Apa saja faktor penghambat pola interaksi sosial guru Aqidah Akhlak dan anak didik dalam membentuk pribadi muslim di Mts. Zainul Hasan Balung?.
Tujuan penelitian adalah 1) Mendeskripsikan bagaimana pola interaksi guru Aqidah Akhlak terhadap peserta didik dalam membentuk pribadi muslim di Mts. Zainul Hasan Balung., 2) Menganalisa faktor penghambat pola Interaksi sosial guru Aqidah akhlak terhadap pesertadidik dalam membentuk pribadi muslim di Mts. Zainul Hasan Balung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik penentuan subyek penelitian dengan purposive. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, adalah: observasi,wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana meliputi: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian: 1) Interaksi sosial guru Aqidah Akhlak dalam membentuk pribadi muslim yaitu melalui dua pola yang pertama interaksi satu arah dimana yang aktif adalah guru saja dimana digunakan guru ketika menyampaikan motivasi-motivasi ataupun cerita yang mengandung nilai-nilai pribadi muslim. Kedua, interaksi dua arah yang mana guru dan murid sama-sama aktif dalam kegiatan pembelajaran dimana digunakan oleh guru akidah akhlak ketika menyampaikan materi-materi tentang ajaran islam. 2) Faktor penghambat pola interaksi sosial guru Aqidah Akhlak dan peserta didik dalam membentuk pribadi muslim dapat diketahui yaitu pertama dari faktor internal yang berasal dari masing-masing peserta didik dengan tingkat pemahaman yang berbeda. Kedua dari faktor eksternal yaitu keluarga dan teman sebaya, jika dalam lingkungan keluarganya peserta didik tersebut kurang disiplin dan pengawasan orang tua yang kurang maka akan menjadi penghambat, kemudian teman sebaya yang sering bermain dan belajar bersama peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahasiswa Muhammad Zaenulloh
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:36
Last Modified: 15 Jul 2024 08:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36610

Actions (login required)

View Item View Item