Model pembelajaran active learning terbimbing mata pelajaran pendidikan agama islam untuk menciptakan iklim belajar aktif siswa kelas x smk al-hasan panti jember tahun pelajaran 2023-2024

Alvin Hidayatul Makky, Alvin (2024) Model pembelajaran active learning terbimbing mata pelajaran pendidikan agama islam untuk menciptakan iklim belajar aktif siswa kelas x smk al-hasan panti jember tahun pelajaran 2023-2024. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Alvin Hidayatul Makky_T20171326.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Alvin Hidayatul Makky, 2024: “Model Pembelajaran Active Learning Terbimbing Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Menciptakan Belajar Aktif Siswa kelas X SMK Al-Hasan Panti Jember Tahun Pelajaran 2023/2024”.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Active Learning Terbimbing, Pendidikan Agama Islam Untuk Menciptakan Belajar Aktif.

Model pembelajaran active learning merupakan suatu model pembelajaran yang diberikan kepada siswa untuk mengarahkan pada ilmu pengetahuan, keterampilan dan sikap. Pada hal ini pelajaran pendidikan agama islam yang digunakan dengan menciptakan iklim belajar yang aktif. Salah satu pembelajaran yang digunakan yaitu pembelajaran active learning. Dengan demikian, peneliti akan melakukan penelitian untuk mengetahui model pembelajaran active learning yang diinovasikan seorang guru pendidikan agama islam agar siswa tidak jenuh ketika belajar dengan ceramah saja.
Fokus penelitian yang dilakukan peneliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana cara guru mengeksplorasi untuk memotivasi giat belajar supaya kelas hidup pada mata pelajaran pendidikan agama islam? 2) Bagaimana cara menciptakan siswa berfikir kritis pada mata pelajaran pendidikan agama islam? 3) Bagaimana hasil pembelajaran dari active learning di SMK Al-Hasan Panti Jember Tahun Pelajaran 2023/2024 ?
Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan cara guru mengeksplorasi untuk memotivasi giat belajar supaya kelas hidup pada mata pelajaran pendidikan agama islam. 2) Untuk mendeskripsikan cara menciptakan siswa berfikir kritis pada mata pelajaran pendidikan agama islam. 3) Untuk mendeskripsikan hasil pembelajaran dari active learning di SMK Al-Hasan Panti Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunkana teknik pengumpulan data: 1) observasi, 2) wawancara, 3) dokumentasi. Analisis datayang digunakan dalam penelitian menurut Miles dan Huberman yaitu: 1) Reduksi Data, 2) Penyajian Data dan 3) Penarikan Kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian menggunakan dua jenis triangulasi yaitu: 1) Triangulasi Sumber dan 2) Triangulasi Teknik.
Penelitian ini memperoleh hasil bahwa: 1) Guru dalam mengeksplorasi untuk memotivasi giat belajar supaya kelas hidup pada mata pelajaran pendidikan agama islam yaitu dengan pemberian motivasi, nasehat, penugasan dan penilaian. 2) Menciptakan Siswa Berfikir Kritis Pada Pelajaran Pedidikan Agama Islam yaitu sebagai guru yang pertama dilakukan dengan membuat modul ajar, penugasan dan diskusi kelompok yang di bimbing oleh guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. 3) Hasil yang didapatkan dari pembelajaran active learning yaitu siswa sangat merasakan senang dan juga mempunyai semangat yang tinggi dalam belajar, karena adanya pembimbing yang kompeten dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahasiswa Alvin Hidayatul Makky
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:42
Last Modified: 15 Jul 2024 08:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36615

Actions (login required)

View Item View Item