Itsna Auliya, Rafidah (2024) Pengembangan modul ajar matematika materi persamaan dan Pertidaksamaan linier satu variabel perbantuan media aplikasi Microsoft math solver kelas VIII SMPN 2 Kalipuro Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text (SK-049-TADRIS-MTK-2024)
SKRIPSI RAFIDAH.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (53MB) |
Abstract
Kata kunci: Pengembangan, Media Microsoft Math Solver, Kevalidan, Kepraktisan
Pengembangan modul ajar matematika berbantuan microsoft math solver di SMPN 2 Kalipuro dilatar belakangi oleh belum adanya pengembangan media yang diterapkan pada mata pelajaran matematika di SMPN 2 Kalipuro, sehingga perlu adanya inovasi dalam penggunaan media pembelajaran guna menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa ketika belajar matematika secara mandri maupun kelompok khususnya pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa materi dan media pembelajaran matematika menggunakan modul ajar berbantuan microsoft math solver pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel valid dan praktis serta dapat diterapkan di SMPN 2 Kalipuro.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model Borg and Gall dengan tahapan potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, desain teruji. Dalam pengembangan desain pembelajaran ini, ada dua yang yang dinilai yakni, kevalidan dan kepraktisan
Hasil penelitian ini (1) Berdasarkan hasil validasi modul ajar diperoleh hasil rata-rata setiap aspek. Aspek format 96,6% dengan kategori sangat valid. Aspek kegiatan pembelajaran 90,6% dengan kategori sangat valid. Dan aspek materi 88,9% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan masing-masing aspek penilian tersebut maka secara keseluruhan modul ajar memperoleh rata-rata skor yaitu 92,7% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil validasi tes hasil belajar siswa diperoleh hasil rata-rata dari setiap aspek. Aspek materi memperoleh 96,7% dengan kategori sangat valid. Untuk aspek konstruksi memperoleh 100% dengan kualifikasi sangat valid. Dan aspek bahasa memperoleh 93,3% dengan kategori sangat valid. Dari masing-masing aspek penilaian tersebut maka secara keseluruhan memperoleh rata-rata yaitu 96,7% dengan kategori sangat valid. (2) berdasarkan hasil angket responden yakni siswa diperoleh rata-rata skor yaitu 79,70%. Berdasarkan kategori kepraktisan, hasil dari respon siswa menunjukkan bahwa desain pembelajaran dikategorikan cukup praktis
.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0105 Mathematical Physics > 010501 Algebraic Structures in Mathematical Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Rafidah Itsna Auliya |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 06:58 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 08:37 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36622 |
Actions (login required)
View Item |