Manajemen Kesiswaan Dalam Mewujudkan Prestasi Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Situbondo

Ilham Amin, Moh (2024) Manajemen Kesiswaan Dalam Mewujudkan Prestasi Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Situbondo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq.

[img] Text
Moh. Ilham Amin_202101030007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Moh Ilham Amin, 2024, Manajemen Kesiswaan dalam mewujudkan Prestasi Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Situbondo Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Kiai Haji Achmad Sidiq Jember. Pembimbing Nur Ittihadatul Ummah, S.Sos.I, M.Pd.I
Kata Kunci: Pembinaan Siswa, Madrasah Berprestasi

Pembinaan siswa merupakan upaya yang diberikan oleh guru berupa bimbingan kepada peserta didik agar kepribadian peserta didik dapat berkembang lebih baik melalui kegiatan Ekstrakurikuler dan Intrakurikuler diSekolah/Madrasah. Dari hal tersebut tentu pembinaan memiliki peran yang siginifikan untuk menciptakan Madrasah yang berprestasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwasannya Pembinaan Sekolah/Madrasah memiliki strategi dan program prioritas yang unggulan, yang bertujuan untuk membantu peserta didik mencapai prestasi baik ditingkat Kabupaten, Provinsi maupun Nasional, baik dalam aspek Akademik maupun Non Akademik.
Fokus Penelitian ini meliputi: (1) Bagaiamana Pembinaan Akademik siswa dalam mewujudkan Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Situbondo Berprestasi ?; (2) Bagaimana Pembinaan Non Akademik siswa dalam mewujudkan Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Situbondo Berprestasi?. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan tentang Pembinaan akademik siswa dalam mewujudkan Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Situbondo Berprestasi; .(2) Untuk mendeskripsikan tentang Pembinaan non akademik siswa dalam mewujudkan Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Situbondo Berprestasi
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif penelitian lapangan (fielde research), Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi partisipasi pasif dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles Hubberman dan Saldana melalui Tahapan Kondensasi data, Penuyajian data dan Penarikan Kesimpulan. Keabsahan data Menggunakan teknik Triangulasi sumber dan Triangulasi Teknik.
Hasil dalam penelitian ini 1) Pembinaan secara akademik dalam mewujudkan Prestasi Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Situbondo, dilakukan dengan memberikan penjelasan materi oleh guru kemudian dilanjutkan dengan latihan soal dari berbagai tingkatan, dilakukan secara secara berkelanjutan dua kali seminggu dengan durasi 1-2 jam. Pembinaan melibatkan peran kepala Madrasah, Waka kesiswaan, Guru Mapel dan Pembina/Koordinator Olimpiade dengan melakukan kerjasama antara pihak internal dan eksternal sangat penting untuk sukses dalam olimpiade, melinatkan guru mata pelajaran, guru agama, dan partisipasi siswa dalam kompetisi luar sekolah/Madrasah 2) Pembinaan secara Non akademik dalam mewujudkan prestasi siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Situbondo,dilakukan dengan sesi pemanasan dilanjutkan dengan pemanasan inti, dilakukan sesuai jadwal yang telah ditentukan dan pada saat ada perlombaan. Pembinaan melibatkan peran Kepala Madrasah, Waka Kesiswaan dan Guru Pembina Ekstrakurikuler dengan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak sangat penting untuk keberhasilan. Dalam olahraga, melibatkan wali murid dan guru olahraga. Dalam seni Tahfidz, melibatkan guru, orang tua, dan pengurus komite sekolah/Madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Ilham Amin
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:38
Last Modified: 18 Jul 2024 07:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36641

Actions (login required)

View Item View Item