Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember Tahun Ajaran 2023/2024

Riya Fitri, Liya (2024) Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RiyaFitriLiya_Watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Motivasi belaja siswa pada mata pelajaran fikih merupakan dorongan yang timbul baik lahir dalam diri maupun dari luar diri siswa yang menimbulkan daya penggerak atau semangat untuk belajar fikih sehingga siswa bergairah untuk belajar dan melakukan kegiatan tertentu menuju ke arah kebaikan.
Fokus penelitian dalam penelitian ini 1) Bagaimana motivasi belajar intrinsik Siswa kelas VIII pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember? 2) Bagaimana motivasi belajar ekstrinsik Siswa kelas VIII pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember?
Tujuan Penelitian, 1) Mendeskripsikan Motivasi Belajar intrinsik Siswa kelas VIII pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember 2) Mendeskripsikan Motivasi Belajar ekstrinsik Siswa kelas VIII pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember
Pada penelitian ini menggunakan pendekatan mix method dengan jenis survey. Teknik penentuan subyek penelitian menggunakan Teknik purposive. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Sedangkan analisis data kulaitatif menggunakan analisis data dari Miles, Huberman dan Saldana yaitu berupa pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Sedangkan analisis data kuantitatif menggunakan editing, tabulating, analiting, concloding. Keabsahan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik.
Hasil penetian ini yaitu 1) Motivasi Belajar Intrinsik Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Fikih Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember sangat berpengaruh dalam keaktifan siswa pada pembelajaran fikih kelas VIII di MTSN 2 Jember. Motivasi instrinsik memiliki pengaruh yang lebih efektif, karena motivasi intrinsik relatif lebih lama dan tidak tergantung pada motivasi dari luar. Motivasi instrinsik menjadi daya penggerak yang ada di dalam diri siswa. Motivasi instrinsik yang sangat berpengaruh dalam diri siswa kelas VIII MTsN 2 Jember dalam pembelejaran fikih yaitu adanya kebutuhan senilai 92%, adanya cita-cita tujuan senilai 85%, keinginan untuk maju 83% dan minat 85%. 2) Motivasi Belajar Ekstrinsik Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Fikih Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember sangat berperan dalam kegiatan belajar mengajar karena motivasi ini timbul melalui adanya aktivitas belajar dimulai dan diteruskan berdasarkan dorongan dari luar yang tidak secara mutlak berkaitan dengan aktivitas belajar. Sehingga memudahkan peserta didik mencapai tujuan dalam meningkatkan hasil belajar yang baik. Motivasi ekstrinsik siswa dalam pembelajaran fikih kelas VIII di MTsN 2 Jember menjadi dorongan suasana yang membangkitkan semangat siswa dalam belajar. Terdapat beberapa hal yang ditemukan dalam penmbuhan semangat siswa melalui motivasi ekstrinsik seperti mendapatkan hadiah yang berpengaruh sebesar 48%, kompetensi sebesar 78%, hukuman sebesar 87%, ujian 77%, memberi angka 76%, memberi ulangan 60% dan mengetahui hasil 89%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Riya Fitri Liya
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:06
Last Modified: 18 Jul 2024 07:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36642

Actions (login required)

View Item View Item