fitiyah, ainul siti (2024) Manajemen programa adiwiyata dalam membentuk karakter peduli lingkungan siswa di SD Darus Sholah Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Siti Ainul Fitriyah_T20193222_Watermak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Siti Ainul Fitriyah, 2023 : Manajemen Program Adiwiyata dalam
Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Siswa di Sekolah Dasar Darus
Sholah Jember
Kata kuncI : Manajemen Program Adiwiyata, Membentuk Karakter Peduli
Lingkungan Siswa
Perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup adalah upaya sistematis
dan terpadu yang dilakukan untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup dan
mencegah terjadinya pencemaran atau kerusakan lingkungan hidup yang meliputi
perencanaan, pemanfaatan, pengendalian, pemeliharaan, pengawasan. Program
Adiwiyata adalah salah satu program kementrian negara lingkungan hidup dalam
rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam
pelestarian lingkungan hidup. Sekolah Dasar Darus Sholah Jember merupakan
salah satu sekolah yang berada dibawah naungan pondok pesantren yag
menerapkan program adiwiyata. Setelah menerapkan program adiwiyata banyak
perubahan yang terjadi pada sekolah tersebut, antara lain sekolah menjadi rindang,
asri, nyaman, sehat, dan ramah lingkungan sehingga berdampak pada peningkatan
kesadaran warga sekolah untuk peduli terhadap lingkungan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan
program adiwiyata dalam membentuk karakter peduli lingkungan siswa di Sekolah
Dasar Darus Sholah Jember? 2) Bagaimana pengorganisasian program adiwiyata
dalam membentuk karakter peduli lingkungan siswa di Sekolah Dasar Darus Sholah
Jember? 3) Bagaimana penggerakan program adiwiyata dalam membentuk karakter
peduli lingkungan siswa di Sekolah Dasar Darus Sholah Jember? 4) Bagaimana
pengendalian program adiwiyata dalam membentuk karakter peduli lingkungan
siswa di Sekolah Dasar Darus Sholah Jember? Tujuannya adalah untuk
mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian field reserch. Subjek penelitian menggunakan tekik purposive dengan
sumber data Kepala Sekolah, Ketua Adiwiyata, Guru, dan siswa-siswi. Adapun
teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi partisipasi pasif,
wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan tahap
kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini yakni dimulai dari; 1) Perencanaan, perencanaan dimulai
dari adanya Pembentukan tim sekolah adiwiyata terdiri dari ketua, sekretaris, dan
tim pokja. 2) Pengorganisasian, Yakni Mempersiapkan terkait rapat kerja tentang
program kerja yang akan dilaksanakan selama beberapa tahun ke depan dan
disesuaikan oleh visi dan misi sekolah adiwiyata. 3) penggerakan, Melaksanakan
program kerja sesuai Pokja masing-masing yang telah dimusyawarahkan melalui
rapat kerja bersama dengan semua guru di madrasah. 4) Pengendalian dilakukan
pada saat kegiatan sedang berlangsung dan adanya evaluasi yaitu untuk melihat
hasil kerja apakah sudah maksimal dan apabila belum maka perli diperbaiki terkait
kekurangan atau hal-hal yang harus diperbaiki atau di pertahankan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Miss Siti Ainul Fitriyah |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 08:37 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 08:37 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36643 |
Actions (login required)
View Item |