Rahmawati, yuliana (2024) Studi Pelaksanaan Layanan Bimbingan Dan Konseling Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Gifted) Di SLBN Branjangan Jember Tahun Pelajaran 2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (SK-011-BKI-2024)
Yuliana Watermark.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (21MB) |
Abstract
Yuliana Rahmawati 2024: Studi Pelaksanaan Layanan Bimbingan Dan Konseling
Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Gifted) Di SLBN Branjangan Jember Tahun
Pelajaran 2024
Kata kunci: Layanan, Bimbingan Dan Konseling, Gifted
Sekolah Luar Biasa merupakan sekolah lembaga pendidikan formal yang
melayani pendidikan bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Sebagai lembaga
pendidikan SLB di bentuk oleh banyak unsur yang diarahkan untuk mencapai
tujuan pendidikan, pendidikan luar biasa merupakan pendidikan yang diarahkan
pada pengembangan sikap, kemampuan kepribadian anak, bakat, kemampuan
mental, dan fisik sampai mencapai pada potensi mereka yang optimal. Dalam
lembaga pendidikan, anak berkebutuhan khusus (gifted) atau yang sering disebut
dengan anak berbakat merupakan anak yang mempunyai intelegensi luar biasa
sebagai syarat utama, kreatifitas yang tinggi, serta motivasi dan komitmen
terhadap tugas yang juga tinggi
Fokus penelitian ini yaitu: Bagaimana pelaksanaan layanan Bimbingan
dan Konseling bagi anak berkebutuhan khusus (gifted) di SLBN Branjangan
Jember?
Tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mendeskripsikan bagaimana
pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling bagi anak berkebutuhan khusus
(gifted) di SLBN Branjangan Jember.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data
yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: observasi , wawancara, observasi.
Analisis data yang digunakan adalah Reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan atau verifikasi data. Keabsahan data menggunakan Triangulasi
sumber dan triangulasi teknik.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: Hasil dari penelitian ini
menggambarkan bahwa potensi yang dimiliki anak gifted sangat penting untuk
proses pendampingan dalam pendidikan yang lebih baik. Dengan mengetahui
potensi yang dimiliki, orang tua diharapkan mampu mengoptimalkan potensi
tersebut dengan memberikan dukungan sesuai kebutuhan anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | Mrs Yuliana Rahmawati |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 02:51 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 08:32 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36647 |
Actions (login required)
View Item |