Pembelajaran Nahwu Sharaf dengan menggunakan metode al-Miftah lil Ulum di Madrasah Diniyah Putri Pondok Pesantren Misbahul Hidayah Suboh Situbondo.

NUR HAYATI, - (2020) Pembelajaran Nahwu Sharaf dengan menggunakan metode al-Miftah lil Ulum di Madrasah Diniyah Putri Pondok Pesantren Misbahul Hidayah Suboh Situbondo. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Islam Prodi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Nur Hayati_T20161212.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nur Hayati, 2020: Pembelajaran Nahwu Sharaf dengan menggunakan metode al-Miftah lil Ulum di Madrasah Diniyah Putri Pondok Pesantren Misbahul Hidayah Suboh Situbondo. Kata kunci: Pembelajaran Nahwu Sharaf, metode al-Miftah lil Ulum. Bahasa merupakan fenomena sosial yang paling penting dalam kehidupan dan setiap kemajuan social menjadi sempurna berkat adanya bahasa. Indonesia mempelajarai beberapa bahasa salah satunya adalah bahasa arab. Mempelajari bahasa arab tidak lepas dari ilmu Nahwu dan Sharaf. Mempelajari ilmu Nahwu dan Sharaf perlu adanya metode yang diterapkan karena faktor yang paling dominan dalam perkembangan pendidikan khususnya di pondok pesantren adalah implementasi metode pembelajarannya. Metode al-Miftah lil Ulum adalah metode mudah baca kitab yang berisikan kaidah Nahwu dan Sharaf untuk tingkat dasar. Metode al-Miftah lil Ulum adalah metode yang di cipta pondok pesantren Sidogiri dan diadopsi oleh pesantren Misbahul Hidayah Suboh Situbondo. Adanya metode al-Miftah lil Ulum menjadi sebuah solusi dalam meningkatkan semangat dan pengetahuan santri terhadap pemahaman ilmu Nahwu dan Sharaf santri di madrasah diniyah Misbahul Hidayah. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: Bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Nahwu Sharaf dengan menggunakan metode al-Miftah lil Ulum di madrasah diniyah putri PP. Misbahul Hidayah Suboh Situbondo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan metode pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Analisi data menggunakan Data condensatio(kondensasi data), Data display (penyajian data), Drawing and Verifying Conclusions(Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi). Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Peneitian ini memperoleh kesimpulan 1) Perencanaan pembelajaran Nahwu Sharaf dengan menggunakan metode al-Miftah lil Ulum ini menitik beratkan pada buku almiftah bahwa santri wajib memahami setiap jilidnya, dan santri belajar ilmu Nahwu Sharaf dengan senang serta mudah memahami. 2). Pelaksanaan pembelajaran Nahwu Sharaf dengan menggunakan metode al-Miftah lil Ulum terbagi menjadi tiga bagian yaitu: Kegiatan Pendahuluan, inti dan penutup. 3) Evaluasi Pembelajaran Nahwu Sharaf dengan menggunakan metode al-Miftah lil Ulum yakni evaluasi mengikuti jilid buku almiftah, sebab setiap bab buku almiftah sudah lengkap dengan soal masing-masing. Tehnik evaluasi yang digunakan yakni tes tulis dan tes lisan. Tes/ujian akhir setelah lulus semua jilid almiftah santri wajib membongkar kitab gundul (fathul qorib) melalui pemberian harokat, pemberian makna, serta menjelaskan bentuk lafad dan kedudukan lafad sesuai ilmu yang sudah dipelajari beserta dalil buku dan nadzoman al-Miftah lil Ulum. Hal ini wajib dilaksanakan secara individu dan menyetorkan hasil kerjanya kepada ustadz secara terus-menerus dalam waktu satu bulan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 18 Mar 2022 01:37
Last Modified: 30 Mar 2022 01:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3668

Actions (login required)

View Item View Item