PEMBELAJARAN FIKIH BERBASIS SAINS PADA KELAS VII DI MTS AL-AMIEN AMBULU JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Naja, Zulva Rofi'atun (2024) PEMBELAJARAN FIKIH BERBASIS SAINS PADA KELAS VII DI MTS AL-AMIEN AMBULU JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Zulva Rofi'atun Naja_204101010017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Zulva Rofi’atun Naja : 2024 : Pembelajaran Fikih Berbasis Sains Pada Kelas VII di MTs Al-Amien Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.
Kata Kunci : Pembelajaran Fikih, Sains, Integrasi Pembelajaran

Untuk menjadi pendidik yang kreatif, profesional, dan menyenangkan, pendidik harus mengolah pembelajaran fikih berbasis sains dengan mengintegrasikan konsep ilmiah ke dalam materi fikih. Pendekatan ini membuat pembelajaran lebih menarik, kontekstual, dan aplikatif, serta mendorong peserta didik berpikir kritis dan menghubungkan pengetahuan agama dengan realitas ilmiah.
Fokus dari Penelitian ini yakni : 1. Bagaimana Perencanaan Integrasi Pembelajaran Fikih Berbasis Sains untuk Kelas VII di MTs Al-Amien Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2023/2024? 2. Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Fikih Berbasis Sains pada Kelas VII di MTs Al-Amien Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2023/2024? 3. Bagaimana Penilaian Pelaksanaan Program Pembelajaran Fikih Berbasis Sains pada Kelas VII di MTs Al-Amien Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2023/2024?
Tujuan dari penelitian ini yakni : 1. Untuk mendeskripsikan Perencanaan Integrasi Pembelajaran Fikih Berbasis Sains untuk Kelas VII di MTs Al-Amien Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. 2. Untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Pembelajaran Fikih Berbasis Sains pada Kelas VII di MTs Al-Amien Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. 3. Untuk mendeskripsikan Penilaian Pelaksanaan Program Pembelajaran Fikih Berbasis Sains pada Kelas VII di MTs Al-Amien Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif eksploratif. Teknik penentuan subjek penelitian, yakni teknik purposive, dan teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model interaktif Milles, Huberman, dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian : 1) pada tahap perencanaan integrasi pembelajaran fikih berbasis sains untuk kelas VII menunjukkan bahwa rencana pembelajaran fikih berbasis sains telah disusun dengan matang dan terstruktur, dengan tujuan pembelajaran yang jelas. Strategi pengajaran dan materi ajar yang relevan dipilih untuk memastikan integrasi antara fikih dan sains dapat dilaksanakan secara efektif. 2. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran fikih berbasis sains pada kelas VII menunjukkan keberhasilan dalam pelaksanaan rencana pembelajaran fikih berbasis sains. Pendidik telah berhasil menerapkan strategi pengajaran inovatif yang mengaktifkan partisipasi peserta didik dalam memahami konsep fikih dengan pendekatan ilmiah. Tingginya keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran membantu mereka untuk mengaitkan dan menerapkan konsep fikih dalam konteks ilmiah yang relevan. 3. Pada tahap penilaian pelaksanaan program pembelajaran fikih berbasis sains pada kelas VII menunjukkan hasil positif secara keseluruhan. Evaluasi yang berkelanjutan dilakukan untuk memantau kemajuan peserta didik dan efektivitas pengajaran. Meskipun menghadapi tantangan seperti ketersediaan waktu dan pemahaman mendalam pendidik terhadap kedua bidang ilmu, pendekatan deskriptif eksploratif dalam penelitian ini memberikan wawasan penting untuk mengatasi hambatan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Fikih, Sains, Integrasi Pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Perpustakaan Zulva Rofi'atun Naja
Date Deposited: 13 Aug 2024 06:39
Last Modified: 13 Aug 2024 06:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36680

Actions (login required)

View Item View Item