Pengaruh Penempatan dan Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah se-Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

NUR, ROHIM (2020) Pengaruh Penempatan dan Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah se-Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Jember..

[img] Text
NUR ROHIM_0849117036.pdf

Download (9MB)

Abstract

Rohim, Nur. 2019. Pengaruh Penempatan dan Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah se-Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Jember. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Moh. Khusnurridlo, M.Pd., dan Pembimbing II: Dr. Khotibul Umam, M.A. Kata Kunci: Penempatan, Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Kinerja Guru Kinerja seseorang tergantung pada penempatan, motivasi dan kemampuan yang dimiliki. Untuk itu jika seorang kepala sekolah menginginkan kinerja guru meningkat maka kompetensi guru dikembangkan dengan ditempatkan sesuai dengan keahlian yang dimilikinya dan motivasi guru ditingkatkan. Sehingga kepuasan kerja pun akan dirasakan oleh guru tersebut. Ketika guru merasa puas maka akan berpengaruh terhadap prestasi kerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris apakah terdapat pengaruh antara penempatan dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja dan kinerja guru di Madrasah Aliyah se Kabupaten Jember tahun pelajaran 2018/2019. Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah dapat memberikan kontribusi pada pengembangan teori terutama penempatan dan motivasi kerja serta dampaknya terhadap kepuasan kerja dan kinerja guru. Metode Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif jenisnya regresi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Path Analyisis. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Penempatan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Kerja guru Madrasah Aliyah se-Kabupaten Jember, karena nilai Sig sebesar 0,002 < 0,05 probabilitas. Dengan pengaruh langsung sebesar 0,292. (2) Penempatan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja guru Madrasah Aliyah se-Kabupaten Jember, karena nilai Sig sebesar 0,02 > 0,05 probabilitas. Dengan pengaruh langsung sebesar 0,403. (3) Motivasi kerja berpengaruh signifikan dan positif terhadap Kepuasan Kerja guru Madrasah Aliyah se-Kabupaten Jember, karena hasil Sig sebesar 0,000 < 0,05 probabilitas. Dengan pengaruh langsung sebesar 0,510. (4) Motivasi kerja berpengaruh tidak signifikan terhadap Kinerja guru Madrasah Aliyah se Kabupaten Jember, karena Sig sebesar 0,749 < 0,05 probabilitas. Dengan nilai pengaruh langsung sebesar -0,045. (5) Kepuasan Kerja berkaitan signifikan terhadap Kinerja guru Madrasah Aliyah se-Kabupaten Jember, karena nilai Sig sebesar 0,01< 0,05 probabilitas. Dengan pengaruh langsung sebesar 0,340. (6) Penempatan melalui Kepuasan Kerja berpengaruh kuat terhadap Kinerja guru Madrasah Aliyah se-Kabupaten Jember sebesar 0,502. (7) Motivasi kerja melalui Kepuasan Kerja berpengaruh rendah terhadap terhadap Kinerja guru Madrasah Aliyah se Kabupaten Jember dengan sebesar 0,128.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 18 Mar 2022 01:38
Last Modified: 18 Mar 2022 01:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3678

Actions (login required)

View Item View Item