Rofidayati, Siti (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCIENCE GAME CARD MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP PESERTA DIDIK KELAS VII SMP MIFTAHUL HASAN AL UTSMANI BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text (SK 043 IPA 2024)
Siti Rofidayati_204101100007.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Siti Rofidayati, 2024: Pengembangan Media Pembelajaran Science Game Card Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Peserta didik Kelas VII SMP Miftahul Hasan Al-Utsmani Bondowoso.
Kata kunci: Klasifikasi Makhluk hidup, Media Pembelajaran, Science Game Card
Pembelajaran IPA merupakan komponen penting dalam dunia pendidikan, salah satunya mencakup materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Berdasarkan wawancara dengan guru IPA di SMP Miftahul Hasan Al-Utsmani Jambesari, ditemukan bahwa pembelajaran IPA pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup masih menggunakan LKS, buku paket, dan video Youtube. Namun, beberapa kendala ditemukan, seperti keterbatasan perangkat guru dalam menyampaikan materi, minimnya metode interaktif, serta rendahnya motivasi belajar peserta didik. Guru lebih mendominasi proses pembelajaran, sementara peserta didik cenderung pasif, sehingga pembelajaran menjadi kurang efektif dan hasil belajar peserta didik menurun.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui validitas media pembelajaran science game card pada materi klasifikasi makhluk hidup bagi peserta didik kelas VII. 2) Mengetahui respons peserta didik terhadap penggunaan media science game card pada materi klasifikasi makhluk hidup peserta didik SMP kelas VII. 3) Untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran science game card pada materi klasifikasi makhluk hidup bagi peserta didik SMP kelas VII.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, dan Dissemination) yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Penelitian ini dibatasi pada tahap Development dikarenakan keterbatasan waktu. Sampel penelitian melibatkan 28 peserta didik kelas VII sebagai subjek penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) validasi ahli materi dan ahli media mencapai rata- rata 80%, sedangkan validasi pengguna mencapai rata-rata 95,48%, yang mengindikasikan bahwa media science game card layak digunakan sebagai media pembelajaran. (2) Uji respons peserta didik terhadap media ini sangat positif, dengan kriteria menarik sebesar 93,60% dan (3) Efektivitas media diukur menggunakan N-Gain score yang mencapai 33,09, menunjukkan bahwa science game card efektif digunakan dalam pembelajaran IPA pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0606 Physiology > 060603 Animal Physiology - Systems 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0606 Physiology > 060699 Physiology not elsewhere classified 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060705 Plant Physiology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Siti Rofidayati |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 06:18 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 04:03 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36795 |
Actions (login required)
View Item |