PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS NEARPOD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 2 RAMBIPUJI TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Putri, Nimas Dewina Adani (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS NEARPOD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 2 RAMBIPUJI TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK 075 IPS 2024)
Nimas Dewina Adani Putri_202101090023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Perkembangan media pembelajaran yang canggih pada saat ini
memberikan dampak positif terhadap kegiatan pembelajaran. Pemanfaatan media
pembelajaran yang interaktif memberikan pengaruh kepada siswa, sehingga siswa
juga dapat berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Keberhasilan guru dalam
menyampaikan materi tentunya berpengaruh terhadap hasil belajar pada siswa.
Media pembelajaran yang dipakai oleh guru sebaiknya media yang dapat
mendorong siswanya terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu media yang
dapat digunakan yaitu media Nearpod. Media Nearpod merupakan salah satu
multiplatfrom yang menciptakan interaksi antara siswa dengan siswa dan juga
dengan guru secara real time, guru dapat mengetahui siswanya yang aktif dalam
proses pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh media
pembelajaran interaktif berbasis Nearpod terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 2 Rambipuji Tahun Pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
Quasi Experimental. Desain penelitian yang dipakai oleh peneliti adalah
Nonequivalent Control Group Design dengan menggunakan pretest dan posttest .
Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan tes, observasi
dan dokumentasi. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji
reliabilitas. Uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis
menggunakan Independent Sample T-test.
Hasil analisis data dalam penelitian menggunakan Independent Sampel Ttest diperoleh thitung = 2,014 dan ttabel = 1,998 maka t hitung > t tabel sehingga
hipotesis nol (H0) ditolak, hipotesis alternative (Ha) diterima. Artinya terdapat
pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis Nearpod terhadap hasil belajar
siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 2 Rambipuji tahun
pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Nearpod, Hasil Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Nimas Dewina Adani Putri
Date Deposited: 22 Oct 2024 03:13
Last Modified: 20 Nov 2024 03:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36820

Actions (login required)

View Item View Item