PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI SMP NEGERI 1 AMBULU TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Nova, Ayu Tinta (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI SMP NEGERI 1 AMBULU TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK 073 IPS 2024)
Ayu Tinta Nova_205101090006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Untuk meningkatkan keaktifan belajar yang diperoleh dapat menjadi lebih baik, perlu mencoba pembelajaran yang menggunakan media Crossword Puzzle yang merupakan media pengajaran berbentuk kotak-kotak yang terdiri atas dua jalur yaitu “mendatar (kumpulan kotak yang membentuk satu baris dan beberapa kolom) dan menurun (kumpulan kotak yang membentuk satu kolom dan beberapa baris). Dengan media Crossword Puzzle ini dapat membantu siswa dalam memahami pembelajaran IPS dengan cara memberikan gambaran tentang pembelajaran dalam bentuk Teka-Teki Silang yang menyenangkan sehingga siswa tidak merasa bosan dan dapat meningkatkan pola pikir siswa secara kognitif dan afektif dan dapat dikatan adana peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh penggunaan media pebelajarn Crossword Puzzle dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS di SMP Negeri 1 Ambulu Tahun Pelajaran 2023/2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran Crossword Puzzle dalam meningkatkan hasil belajar IPS di SMP Negeri 1 Ambulu Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang diambil dari penelitian ini adalah siswa kelas VII H sebagai kelas eksperimen dan kelas VII J sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 34 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Clusster Sampling. Hasil dalam penelitia ini menunjukkan bahan terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran Crossword Puzzle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII H di SMP Negeri 1 Ambulu Tahun Pelajaran 2023/2024. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan Independent Sample T-test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa nilai signifikan atau nilai sig (2-tailed) < 0,05 sehingga diperoleh hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Dengan demikian penggunaan media Crossword Puzzle dianggap berhasil terhadap hasil belajar siswa karena media ini mudah diterapkan dan dapat membantu guru untuk mempermudah manyampaikan isi dari materi pembelajaran kepada siswa dan dapat membantu siswa siswa antusias dalam menerima materi pembelajaran. Dengan menggunaka media Crossword Puzzle ini siswa akan semakin mudah menyerap materi yang disampaikan oleh guru.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Crossword Puzzle, Meningkatkan Hasil
Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ayu Tinta Nova
Date Deposited: 28 Oct 2024 02:12
Last Modified: 28 Oct 2024 02:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36826

Actions (login required)

View Item View Item