STRATEGI “COACHING” UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN OLEH FRONTLINER DI BPR NUSAMBA (Study Pada BPR Nusamba Rambipuji Jember)

Erlangga, Dwi (2024) STRATEGI “COACHING” UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN OLEH FRONTLINER DI BPR NUSAMBA (Study Pada BPR Nusamba Rambipuji Jember). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dwi Erlangga_204105010074.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan, coaching merupakan
salah satu pendekatan yang sangat efektif . Coaching merupakan hal yang penting
dalam meningkatkan kinerja. Atasan perlu menjelaskan dengan spesifik kepada
karyawan tentang perilaku dan hasil kerja seperti apa yang diinginkan oleh
perusahaan. Frontliner merupakan garda terdepan dalam kegiatan utama di sebuah
bank yang berhubungan dengan nasabah. Frontliner bank ialah petugas yang
memberikan informasi dan melayani nasabahnya secara langsung. Frontliner di
bank terdiri dari customer service, teller, dan security.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana kualitas
pelayanan frontliner di BPR Nusamba Rambipuji? 2. Bagaimana coaching dalam
meningkatkan kualitas pelayanan oleh frontliner di BPR Nusamba Rambipuji ?
Tujuan penelitian ini yaitu: 1. Untuk mengetahui kualitas pelayanan
frontliner di BPR Nusamba Rambipuji 2. Untuk mengetahui coaching dalam
meningkatkan kualitas pelayanan frontliner di BPR Nusamba Rambipuji.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan yang dilakukan yaitu
pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah cara yang dapat
digunakan peneliti untuk mengumpulkan data yang bersumber dari observasi,
wawancara, dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1. PT. BPR Nusamba Rambipuji
benar-benar cermat dalam memilih karyawan ketika proses seleksi. Kecermatan
yang dilakukan bisa melalui penerapan standar kompetensi perusahaan. PT. BPR
Nusamba Rambipuji harus memiliki standar kompetensi karyawan, menerapkan
SOP perusahaan yang berlaku dan berkomitmen untuk tetap menjaga kualitas
karyawan dengan cara melakukan pelatihan-pelatihan secara berkala. 2. Strategi
coaching yang dilakukan harus lebih efektif lagi. Disamping hal itu, kualitas dan
kuantitas marketing juga perlu diperhatikan untuk mencari nasabah dilapangan.
Hal ini dikarenakan BPR Nusamba Rambipuji masih tergolong baru dalam
persaingan pasar yang semakin hari semakin meningkat. Hal ini diperlukan demi
keberlangsungan dan perkembangan PT. BPR Nusamba Rambipuji Jember ke
depan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140211 Labour Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Angga Dwi Erlangga
Date Deposited: 28 Oct 2024 06:45
Last Modified: 28 Oct 2024 06:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36827

Actions (login required)

View Item View Item