Mahaputra, Alfaredo (2024) Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kreativitas Guru Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas VII Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Arjasa Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas IsIam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (SK 076 IPS 2024)
skripsi_Revisi_AMP after sidang 181024WM.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Motivasi belajar merupakan faktor yang sangat berpengaruh besar dalam
pencapaian hasil belajar siswa, baik motivasi intrinsik maupun ekstrinsik.
Sedangkan kreativitas guru merupakan salah satu faktor eksternal yang
mempengaruhi hasil belajar. Guru yang memiliki kreativitas akan lebih bisa
memanjemen kelas dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan pada saat
proses pembelajaran.
Fokus penelitian pada skripsi ini yaitu : 1) apakah motivasi belajar
berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII di SMPN 2 Arjasa, 2)
apakah kreativitas guru berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII di
SMPN 2 Arjasa, 3) apakah motivasi belajar dan kreativitas guru berpengaruh
terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII di SMPN 2 Arjasa.
Tujuan penelitian dala skripsi ini yaitu : 1) menjelaskan pengaruh motivasi
belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII di SMPN 2 Arjasa, 2) menjelaskan
pengaruh kreativitas guru terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII di SMPN 2
Arjasa, 3) menjelaskan pengaruh motivasi belajar dan kreativitas guru terhadap
hasil belajar IPS siswa kelas VII di SMPN 2 Arjasa.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian
regresi linier berganda, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik
pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner, dokumentasi dan wawancara.
Keabsahan data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, dan analisis datanya
menggunakan analisis statistik deskriptif, asumsi klasik, analisis linier berganda
dan uji hipotesis.
Hasil dari penelitian ini yaitu : 1) Ada pengaruh negatif signifikan motivasi
belajar terhadap hasil belajar siswa IPS kelas VII di SMPN 2 Arjasa. Karena hasil
signifikan menunjukkan hasil uji T -3,223., 2) Ada pengaruh positif signifikan
kreativitas guru terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII di SMPN 2 Arjasa.
Karena hasil signifikansinya menunjukkan hasil uji T 8,259., 3) Ada pengaruh
positif signifikan pada motivasi belajar dan kreativitas guru secara bersama-sama
terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII di SMPN 2 Arjasa. Karena nilai
signifikansinya menunjukkan hasil uji simultan 34,884.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Kreativitas Guru, Hasil Belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Alfaredo Mahaputra |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 00:57 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 00:57 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36830 |
Actions (login required)
View Item |