Rahman, Mohammad Syaifur (2024) Implementasi Marketing Syariah Di Toko Barokah Sembako Desa Paowan Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
REVISI SKRIPSI 04 OKT 2024.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (19MB) |
Abstract
Mohammad Syaifur Rahman., Dr. M.F. Hidayatullah S.H.I., M.S.I 2024: “Implementasi Marketing Syariah Di Toko Barokah Sembako Desa Paowan Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo”.
KataKunci: Omset Penjualan, Marketing Syariah, Teistis
Toko Barokah Sembako Desa Paowan Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo menerapkan marketing syariah yang jujur,adil, berakhlaqul karimah dan lain-lain dengan omzet penjualan yang mengalami kenaikan setiap tahunnya dan mampu bersaing dengan toko modern disekitarnya. Konsumen memilih berbelanja di toko barokah sembako karena barang-barang yang disediakan sama lengkap seperti toko lainnya, harga lebih murah serta pelayanan yang ramah dengan menerapkan etika yang berakhlaqul karimah.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu(1) bagaimana implementasi marketing syariah di Toko Barokah Sembako Desa Paowan Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo? (2) bagaimana dampak omzet penjualan marketing syariah di Toko Barokah Sembako Desa Paowan Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan implementasi marketing syariah di Toko Barokah Sembako Desa Paowan Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo dan (2) mendeskripsikan dampak omzet penjualan marketing syariah di Toko Barokah Sembako Desa Paowan Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research) sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi non-partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yakni analisis data menggunakan model analisis data interaktif sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) implementasi marketing syariah yang dilakukan Toko Barokah Sembako Desa Paowan Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo adalah mengacu pada karakteristik marketing syariah yaitu teistis (rabbaniyyah) dengan cara menerapkan prinsip kejujuran, etis (akhlaqiyyah) dengan cara memberikan pelayanan yang baik kepada konsumennya, realistis (al-waqiyyah) dengan cara selalu meng-update barang yang baru dan penetapan harga yang jujur sesuai dengan kualitas barang serta humanistis (insaniyyah) dengan cara selalu menjaga hubungan baik dengan konsumen dan sesama karyawan. (2) Dampak Omzet penjualan marketing syariah di Toko Barokah Sembako Desa Paowan Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo yang diperoleh sangat menguntungkan baik untuk pemilik toko, karyawan maupun konsumen. Dengan konsep marketing syariah yang dilakukan dengan mengedepankan nilai-nilai yang mengagungkan keadilan dan kejujuran. Sehingga proses bisnis ini dapat dijamin, atau tidak terjadi penyimpangan terhadap prinsip syariah, maka setiap transaksi apapun dalam pemasaran dapat diperbolehkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Men Mohammad Syaifur Rahman |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 03:59 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 03:59 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36863 |
Actions (login required)
View Item |