Ulum, M bahrul (2024) Optimalisasi digital marketing sebagai upaya closing produk UMKM Jember Ekonomi Kreatif JEKa di kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
skripsi positif 22 bahrul (1).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Moh Bahrul Ulum, Dr. M.F Hidayatullah. S.H.I.. M.S.I: Optimalisasi Digital
Marketing Sebagai Upaya Peningkataan Closing Produk Umkm Jember Ekonomi
Kreatif (Jeka) Di Kabupaten Jember
Kata Kunci: Digital Marketing, Closing, Optimalisasi
Digital marketing sendiri adalah salah satu media pemasaran yang saat ini
sedang banyak sekali diminati oleh para pebisnis untuk menarik para konsumen agar
tertarik dengan produk dan jasa yang ditawarkan. Tahapan akhir dalam siklus
penjualan dan untuk mendapatkan komitmen dari calon pembeli.
Fokus penelitian yang diteliti oleh peneliti dalam skripsi ini adalah: 1.)
Bagaimana optimalisai digital marketing dalam meningkatkan closing Produk di
JEKa?. 2.) Apa kendala optimalisasi digital marketing?. 3.)Bagaimana solusi
optimalisasi digital marketing?.
Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui optimalisasi digital marketing
dalam meningkatkan closing produk di JEKa, untuk mengetahui kendala optimalisasi
digital marketing, dan untuk mengetahui solusi optimalisasi digital marketing.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian berada di
Jember Ekonomi Kreatif Kabupaten Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi
data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Adapun keabsahan data
diperoleh dengan teknik triangulasi data.
Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: 1.) JEKa memperkenalkan produk
baru seperti Mukenah Wilsa Indonesia, H5Maronggi, dan Kripik Kenbi. Mereka
melakukan analisis pasar, memilih target utama, dan merumuskan strategi pemasaran
digital holistik. 2.) Praktisi JEKa dihadapkan pada anggaran besar, persaingan sengit,
dan perubahan algoritma digital. Strategi diferensiasi, adaptasi cepat, dan
peningkatan keterampilan diperlukan. 3.) Segmentasi, targeting audiens, dan
komunitas virtual mendukung interaksi dengan konsumen. Penggunaan harga kreatif
dalam strategi pemasaran digital meningkatkan daya tarik produk. Saluran digital
seperti situs web, media sosial, dan email penting dalam mencapai tujuan pemasaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140203 Economic History |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Men M Bahrul Ulum |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 06:34 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 06:34 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36866 |
Actions (login required)
View Item |