Nur, Aliyah (2024) Manajemen Pengembangan Kurikulum Berbasis Riset Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jember Dan Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan Jember. Doctoral thesis, UIN KHAS JEMBER.
Text
NEW DISERTASI NUR ALIYAH (1)_watermark_compressed (1).pdf Restricted to Registered users only until 1 January 2029. Download (3MB) |
Abstract
Kurikulum berbasis riset di Madrasah Tsanawiyah merupakan torobosan penting di Abad 21 yang menuntut Peserta didik harus memiliki penguasaan saint dan tekologi, berkarakter dan memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan.oleh sebab itu tujuan penelitian ini untuk menganalisis Manajemen Pengembangan Kurikulum Berbasis Riset Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jember dan Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan Jember Jember. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Manajemen Pengembangan Kurikulum Berbasis Riset di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jember dan Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus multi kasus. Informan dipilih secara purposive, dan data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi non-partisipan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan model Analisis Interaktif, mencakup analisis kasus tunggal dan lintas kasus. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber dan teknik serta peer debriefing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Desain pengembangan kurikulum berbasis riset di kedua madrasah mencakup beberapa aspek diantaranya (1) Identifikasi Kebutuhan: Kurikulum selalu diperbarui untuk mencerminkan perkembangan terbaru dalam sains dan teknologi, serta penggunaan teknologi dalam pembelajaran.(2) Visi dan Misi Berbasis Karakter: Kurikulum berfokus pada pengembangan karakter spiritual, moral, dan sosial siswa, serta integrasi nilai-nilai keagamaan dan moral.(3)Tujuan dan Sasaran: Kurikulum dirancang untuk meningkatkan kemampuan kompetitif siswa, membentuk karakter yang kuat, dan meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.(4) Kurikulum Berbasis Riset: Integrasi aktivitas sehari-hari dan kearifan lokal membuat pembelajaran lebih relevan dan kontekstual.(5) Metode Pembelajaran Riset: Metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif meningkatkan partisipasi .(6)Sumber Daya Manusia: Guru yang terlatih dan kompeten mendukung keberhasilan implementasi kurikulum berbasis riset.(7) Keterlibatan Pihak Eksternal: Keterlibatan orang tua, kerjasama dengan perguruan tinggi dan industri memperkaya pengalaman riset siswa.(8) Monitoring dan Evaluasi: Sistem monitoring dan evaluasi yang berkala memastikan efektivitas program dan peningkatan berkelanjutan. Kedua, Implementasi kurikulum berbasis riset di kedua madrasah menunjukkan hasil yang baik dalam meningkatkan keterampilan riset dan mempersiapkan siswa menghadapi tantangan masa depan. Dukungan dari berbagai pemangku kepentingan, termasuk guru, orang tua, perguruan tinggi, dan industri, penting untuk kesuksesan dan keberlanjutan program.(ketiga) Evaluasi terus-menerus diperlukan untuk memastikan program sesuai dengan tujuannya dan memberikan hasil optimal bagi siswa.Dari temuan tersebut maka temuan formal penelitian ini adalah “Manajemen Kurikulum Madrasah Riset Berbasis IKAT (Integratif, Kolaboratif, Adaptif, Transformatif).”
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Nur Aliyah |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 03:27 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 03:27 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36867 |
Actions (login required)
View Item |