NURUL SABILA, PUTRI (2020) “Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis EdmodoTerhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas VII di SMP Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2019//2020.”. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
Nurul Sabila Putri_T20161113.pdf Download (7MB) |
Abstract
Nurul Sabila Putri, 2020: “Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis EdmodoTerhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas VII di SMP Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2019//2020.” Dari hasil wawancara yang dilakukan bersama guru mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 2 Jember diketahui bahwa proses pembelajaran PAI di kelas VII, guru mayoritas menggunakan model pembelajaran konvensional berupa ceramah dan diskusi. Selain itu, dari hasil obervasi, siswa SMP Negeri 2 Jember diperbolehkan membawa alat-alat elektronik seperti handphone dan laptop, akan tetapi alat elektronik tersebut kurang dimanfaatkan dalam pembelajaran, terkhusus dalam penelitian ini mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Mengantisipasi permasalahan tersebut, diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk mengoptimalkan proses dengan penyajian materi yang menarik dan memanfaatkan alat-alat elektronik sehingga siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Model pembelajaran yang tepat guna untuk memecahkan permasalahan tersebut adalah model pembelajaran blended learning berbasis edmodo. Dengan model pembelajaran blended learning berbasis edmodo, siswa dapat memanfaatkan alat elektroniknya untuk mengakses media pembelajaran e- learning yaitu edmodo dan tetap melaksanakan pembelajaran secara tatap muka di kelas bersama dengan guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan signifikan hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran blended learning berbasis edmodo dengan yang dibelajarkan menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2019/2020?. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran blended learning berbasis edmodo terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan menggunakan Non-Equivalent Control Grup Design yaitu desain penelitian yang hampir sama dengan Pretest-posttest Grup Design, namun pada desain ini kelompok eksperimen dan kontrol tidak dipilih secara random. Dalam penentuan subyek data penelitian ini menggunakan Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-D berjumlah 30 siswa sebagai kelas ekperimen dan kelas VII-F berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes formatif, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan uji t. Hasil analisis data diperoleh nilai = 6,942 = 1,6723, maka ditolak dan diterima.. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran blended learning berbasis edmodo memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Kata Kunci : Blended Learning, Edmodo, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 18 Mar 2022 01:55 |
Last Modified: | 29 Mar 2022 08:38 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3687 |
Actions (login required)
View Item |