Fasa, Feswa Enggar (2024) Implementasi Program Tahfidz Menggunakan Metode Takrir Dalam Meningkatkan Hafalan Santri Di Pondok Pesantren Miftahul Hidayah Tegaldlimo Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Feswa Enggar Fasa_202101010016 FIKS.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
Kata Kunci : Program Tahfidz, Metode Takrir
Al-Quran adalah firman Allah yang harus dijaga dan dipelihara kemurniannya,
salah satunya dengan menghafalkannya (tahfizh). Pondok Pesantren Miftahul Hidayah
Tegaldlimo Banyuwangi menerapkan metode takrir (pengulangan) dalam program tahfidz
untuk memperkuat hafalan santri. Metode ini terbukti efektif meningkatkan kualitas dan
kuantitas hafalan santri, dengan lulusan 3 hafizh/hafizhah setiap tahunnya sejak 2019.
Melalui pengulangan rutin dan konsisten, metode takrir membantu santri
mempertahankan hafalan, mencegah kelupaan, sekaligus melatih kedisiplinan.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi program tahfidz
menggunakan metode takrir dalam meningkatkan hafalan santri di Pondok Pesantren
Miftahul Hidayah Tegaldlimo Banyuwangi? 2) Bagaimana implikasi program tahfidz
menggunakan metode takrir terhadap peningkatan kualitas dan kuantitas hafalan Al�Qur‟an santri di Pondok Pesantren Miftahul Hidayah Tegaldlimo Banyuwangi? Tujuan
penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan implementasi program tahfidz
menggunakan metode takrir dalam meningkatkan hafalan santri di Pondok Pesantren
Miftahul Hidayah Tegaldlimo Banyuwangi? 2) Untuk mendeskripsikan implikasi program
tahfidz menggunakan metode takrir terhadap peningkatan kualitas dan kuantitas hafalan
Al-Qur'an santri Pondok pesantren Miftahul Hidayah Tegaldlimo Banyuwangi?
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif (field research)
dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data
menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi program tahfidz
menggunakan metode takrir di Pondok Pesantren Miftahul Hidayah Tegaldlimo
Banyuwangi dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu pertama, perencanaan yang digunakan
Pondok Pesantren Miftahul Hidayah menggunakan metode takrir dalam program tahfidz
melibatkan Penentuan target hafalan santri dan membuat jadwal kegiatan untuk
membantu santri menghafal Al-Qur'an dengan efektif. Kedua, Proses pelaksanaan yang
dilakukan program tahfidz adalah dengan mentakrir per ayat beberapa kali hingga hafal,
kemudian lanjut pada ayat berikutnya. Proses ini dilakukan secara bertahap, mulai dari
seperempat juz, setengah juz, hingga satu juz penuh. Terakhir, Evaluasi Pondok
Pesantren Miftahul Hidayah menggunakan metode takrir untuk menguji kualitas hafalan
santri. Adapun kriteria penilaian evaluasi terhadap hafalan santri dengan menggunakan
metode takrir yaitu makhrojul huruf, ketepatan tajwid dan kelancaran santri dalam
menghafal Al-Qur‟an. 2) Implikasi program tahfidz menggunakan metode takrir terhadap
peningkatan kualitas dan kuantitas hafalan Al-Qur'an santri Pondok Pesantren Miftahul
Hidayah Tegaldlimo Banyuwangi yakni: Pertama, Implikasi terhadap kualitas hafalan
meliputi ketepatan tajwid, fashahah, dan kelancaran bacaan. Kedua, Implikasi terhadap
kuantitas hafalan santri. Banyak santri meningkatkan jumlah hafalan mereka, seperti
(Naila Iza Ainurrahmah 29 juz), (Zitna Camelia 12 juz), (M. Farhan Al-Ghifari 7 juz)
(Rofi Ardiansyah 10 juz).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Feswa Enggar Fasa |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 06:22 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 06:22 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36871 |
Actions (login required)
View Item |