PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIE DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 03 GENTENG BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Gunawan, Arrijal (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIE DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 03 GENTENG BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ARRIJAL GUNAWAN 202101010073_compressed.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Model pembelajaran Mind Mapping, Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti, Hasil Belajar.
Dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di Sekolah
Menengah Pertama Negeri 03 Genteng saat dalam pembelajarannya masih menggunakan
model ceramah sehingga menyebabkan siswa kurang antusias dan hasil belajar siswa
tidak mengalami peningkatan. Hal ini membuat guru PAI dan Budi Pekerti menerapkan
suatu inovasi pembelajaran untuk menarik perhatian siswa. Inovasi pembelajaran yang
diterapkan yakni model pembelajaran Mind Mapping yang berperan mengembangkan
hasil belajar siswa, menumbuhkan sikap aktif dalam berdiskusi kelompok, meningkatkan
kreativitas siswa serta menjadikan proses pembelajaran di kelas lebih menyenangkan.
Adapun fokus pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran
dalam penerapan model pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran pendidikan
agama Islam dan budi pekerti dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIE di
Sekolah Menengah Pertama Negeri 03 Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024?
2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dalam penerapan model pembelajaran Mind
Mapping pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam
meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIE di Sekolah Menengah Pertama Negeri 03
Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran
dalam penerapan model pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran pendidikan
agama Islam dan budi pekerti dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIE di
Sekolah Menengah Pertama Negeri 03 Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran
2023/2024?.
Tujuan penelitian ini adalah 1)Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran
dalam penerapan model pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran pendidikan
agama Islam dan budi pekerti dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIE di
Sekolah Menengah Pertama Negeri 03 Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024.
2)Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dalam penerapan model
pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi
pekerti dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIE di Sekolah Menengah Pertama
Negeri 03 Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024. 3)Untuk mendeskripsikan
evaluasi pembelajaran dalam penerapan model pembelajaran Mind Mapping pada mata
pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam meningkatkan hasil belajar
siswa kelas VIIE di Sekolah Menengah Pertama Negeri 03 Genteng Banyuwangi Tahun
Pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus.
Lokasi penelitian di Sekolah Menengah Pertama Negeri 03 Genteng Banyuwangi. Subjek
penelitian: Kepala Sekolah, Guru PAI dan Budi Pekerti, dan perwakilan siswa kelas VIIE.
Teknik pengumpulan data: 1) Observasi 2) Wawancara 3) Dokumentasi. Teknik analisis
data ini menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yakni kondensasi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data pada penelitian ini
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu, 1) Perencanaan pembelajaran
meliputi lima aspek yakni a. Guru menentukan tujuan pembelajaran yakni tujuan
menggunakan model pembelajaran mind mapping dan tujuan kompetensi. b. Guru
menentukan materi pembelajaran. c. Guru menentukan sarana dan prasarana yang
digunakan saat pembelajaran. d. Guru menetapkan model dan metode e. Guru
menetapkan penilaian untuk siswa yakni penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan
2) Pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas ada tiga yaitu a. Kegiatan pendahuluan yakni
salam, berdoa, absensi, menyampaikan tujuan pembelajaran, motivasi, apersepsi, dan
tanya jawab. b. Kegiatan inti yakni guru menyampaikan materi melalui model
pembelajaran mind mapping, diskusi kelompok, dan presentasi c. Kegiatan penutup yakni
guru dan siswa memberi kesimpulan, mengecek tugas siswa, refleksi dan pemberian
tugas. 3) Evaluasi pembelajaran yakni guru menentukan penilaian sikap berupa penilaian
formatif melalui observasi, penilaian pengetahuan berupa tes objektif berbentuk pilihan
ganda, dan penilaian keterampilan yakni praktik membaca dan menghafal Q.S Al�Baqarah/2:286.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arrijal Gunawan
Date Deposited: 29 Oct 2024 06:30
Last Modified: 29 Oct 2024 06:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36878

Actions (login required)

View Item View Item