INTERNALISASI NILAI KEPEDULIAN MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X PADA PROGRAM ADIWIYATA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 5 JEMBER

Shobiha, Siti (2024) INTERNALISASI NILAI KEPEDULIAN MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X PADA PROGRAM ADIWIYATA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 5 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Baru Gati_SKRIPSI FIKS_OKTOBER_SITI SHOBIHA_202101010052_PAI_20 new (Autosaved) tawakkalL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Siti Shobiha, 2024: “Internalisasi Nilai Kepedulian Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X Pada Program Adiwiyata di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Jember”.

Kata Kunci : Internalisasi Nilai Kepedulian, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, dan Program Adiwiyata.

Internalisasi nilai kepeduli terhadap lingkungan dilakukan melalui pendidikan dan program seperti adiwiyata bertujuan meningkatkan kesadaran siswa terhadap pentingnya menjaga lingkungan. Namun, masalah utama yang muncul adalah rendahnya kesadaran siswa dalam melestarikan lingkungan, sehingga perusakan alam terus terjadi. Manusia sebagai khalifah bumi memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga dan melestarikan lingkungan serta mencegah kerusakan

Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana tahapan internalisasi nilai kepedulian siswa melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X dalam menerapkan program adiwiyata pada SMK Negeri 5
Jember?. 2) Bagaimana kelebihan dan kekurangan dalam internalisasi nilai kepedulian siswa melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X dalam menerapkan program adiwiyata di SMK Negeri 5 Jember?. Tujuan
Penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan tahapaninternalisasi nilai kepedulian siswa melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X
dalam menerapkan program adiwiyata di SMK Negeri 5 Jember. 2)Mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan dalam internalisasi nilai kepedulian siswa melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X dalam menerapkan program adiwiyata di SMK Negeri 5 Jember.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data ini menggunakan model Milles dan huberman yakni, pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Pada uji keabsahan data dalam penelitian data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Hasil penelitian menunjukkah bahwa internalisasi nilai kepedulian melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X dalam menerapkan program adiwiyata di SMK Negeri 5 Jember terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai, dan tahap transinternalisasi. Tahap tranformasi nilai pendidik penginformasikan kepada siswa tentang nilai�nilai positif dan negatif, tahap transasksi nilai pendidikan memberi contoh serta turut ikut serta dalam mengamalkan nilai-nilai terebut, dan tahap transinternalisasi nilai pendidik sudah bisa membentuk karakter siswa dan sudah bisa membaca krakter siswa. meskipun program ini memiliki kelebihan dalam peningkatan kesadaran lingkungan siswa, beberapa kekurangan juga ditemukan terkait konsisten penerapan disemua aspek pembelajaran. Secara keseluruhan, internalisasi nilai kepedulian melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 5 Jember berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Shobiha
Date Deposited: 31 Oct 2024 06:41
Last Modified: 31 Oct 2024 06:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36897

Actions (login required)

View Item View Item