Penerapan Kitab Ta’lim Muta’alim dalam Materi Akidah Akhlak Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas X Teknik Alat Berat Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Jember.

Ardhi, Ahmad Faishal (2024) Penerapan Kitab Ta’lim Muta’alim dalam Materi Akidah Akhlak Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas X Teknik Alat Berat Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (SK 206 PAI 2024)
Skripsi Ahmad Faishal Ardhi 202101010085.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Ahmad Faishal Ardhi, 2024. Penerapan Kitab Ta’lim Muta’alim dalam Materi Akidah Akhlak Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas X Teknik Alat Berat Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Jember.

Kata Kunci: Kitab Ta’lim Muta’alim, Materi Akidah Akhlak, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Tujuan pendidikan nasional sejalan dengan tujuan pendidikan dalam Islam yaitu sama-sama membentuk manusia seutuhnya, baik dalam segi jasmani maupun rohani, intelektual, maupun spiritual. Permasalahan yang terjadi saat ini dalam pendidikan Indonesia adalah terjadinya kemerosotan akhlak dalam menuntut ilmu. Melihat realitas pendidikan di Indonesia yang masih belum mampu memberikan output yang optimal ditandai dengan maraknya kasus pelecehan terhadap tenaga pengajar yang disebabkan rendahnya tingkat moral yang dimiliki siswa.
Fokus dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan kitab Ta’lim Muta’alim dalam materi akidah akhlak pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas X TAB SMK Negeri 2 Jember? 2) Bagaimana dampak penerapan kitab Ta’lim Muta’alim dalam materi akidah akhlak pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas X TAB SMK Negeri 2 Jember? Sehingga tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan penerapan kitab Ta’lim Muta’alim dalam materi akidah akhlak pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas X TAB SMK Negeri 2 Jember 2) Mendeskripsikan dampak penerapan kitab Ta’lim Muta’alim dalam materi akidah akhlak pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas X TAB SMK Negeri 2 Jember
Metode ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis field research. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data penelitian ini yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Penerapan kitab Ta’lim Muta’alim dalam materi akidah akhlak pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bukan sebagai sumber utama pembelajaran, akan tetapi sebagai media pembelajaran dalam mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti. 2) Dampak penerapan kitab Ta’lim Muta’alim dalam kegiatan pembelajaran mata pelajaran PAI dan BP memiliki dampak yang positif bagi para peserta didik, mereka menjadi lebih memperhatikan adab dan etika ketika kegiatan pembelajaran sedang berlangsung, serta mereka tampak lebih antusias dalam memperhatikan guru saat kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021410 Wasa'il wa Tiknulujia al-Ta'lim (Educational Media & Technology)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Faishal Ardhi
Date Deposited: 01 Nov 2024 02:56
Last Modified: 19 Nov 2024 08:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36901

Actions (login required)

View Item View Item