Problematika Implementasi Kurikulum 2013 Revisi bagi Guru Kelas di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bondowoso.

NURHABI, - (2020) Problematika Implementasi Kurikulum 2013 Revisi bagi Guru Kelas di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bondowoso. Undergraduate thesis, Pendidikan agama islam pascasarjana.

[img] Text
Nurhabi_0849416016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nurhabi, 2020. Problematika Implementasi Kurikulum 2013 Revisi bagi Guru Kelas di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bondowoso. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Jember. Pembimbing I: Dr. Hj. Mukni’ah, M.Pd.I. Pembimbing II: Dr. Hj. St. Rodliyah, M.Pd. Kata Kunci: Problematika, Kurikulum 2013 Revisi, dan Guru Kelas Salah satu kebijakan pemerintah Indonesia terkait dengan kurikulum adalah diimplementasikannya Kurikulum 2013. Sejak tahun 2014, Kurikulum 2013 diimplementasikan secara nasional. Aliansi Revolusi Pendidikan yang terdiri dari beberapa forum seperti Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Forum Musyawarah Guru Jakarta (FMGJ), Front Perjuangan Pemuda Indonesia (FGII) juga ikut menyatakan penolakan atas Kurikulum 2013 yang diajukan Kementerian Pendidikan itu. Pada tahun pelajaran 2016/2017 MIN 2 Bondowoso sudah melaksanakan kurikulum 2013 pada seluruh kelas, yakni kelas I, II, III, IV, V dan VI. Implementasi kurikulum 2013 di MIN 2 Bondowoso pada tahun pelajaran 2017-2018 mengalami perubahan atau revisi. Dengan perubahan atau revisi tersebut, terdapat permasalahan atau problem yang dialami guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 revisi. Fokus dalam penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu: 1) Bagaimana problematika implementasi Kurikulum 2013 revisi bagi guru kelas di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bondowoso?, dan 2). Bagaimana langkah-langkah dalam mengatasi problematika implementasi Kurikulum 2013 revisi bagi guru kelas di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bondowoso?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendiskripsikan bagaimana problematika implementasi Kurikulum 2013 revisi bagi guru kelas di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bondowoso, dan 2). Mendiskripsikan langkah-langkah dalam mengatasi problematika implementasi Kurikulum 2013 revisi bagi guru kelas di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bondowoso. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tiga teknik yaitu wawancara terbuka, observasi langsung dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah analisis data deskriptif kualitatif dengan menggunakan model interaktive Miles dan Huberman, yaitu: data condensation, data display, and conclution drawing/verification. keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian; 1) problematika implementasi kurikulum 2013 revisi bagi guru kelas di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bondowoso adalah: a. Guru kelas mengalami problem dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan b. Guru kelas mengalami problem dalam penyusunan Laporan Hasil Belajar (Raport) siswa. 2) Langkah yang dilakukan dalam mengatasi problem guru kelas dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah: a. Dengan vi melaksanakan DIKLAT atau mengikuti DIKLAT kurikulum 2013 dan b. Aktif dalam organisasi Kelompok Kerja Guru (KKG). Langkah yang dilakukan dalam mengatasi problem guru kelas dalam penyusunan Laporan Hasil Belajar (Raport) adalah: a. Dengan menggunakan aplikasi Raport dan b. Selalu aktif dalam kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) sehingga bisa saling menambah wawasan guru dan menemukan solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang dihadapi para guru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 18 Mar 2022 01:55
Last Modified: 29 Mar 2022 08:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3691

Actions (login required)

View Item View Item