Umniah, Nanda Farahah (2024) Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Kegiatan Pemecahan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas X SMA Negeri 3 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text (SK 210 PAI 2024)
Nanda Farahah Umniah_202101010025.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Nanda Farahah Umniah, 2024: Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Kegiatan Pemecahan Masalah Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas X SMA Negeri 3 Jember
Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kegiatan Pemecahan Masalah Siswa
SMA Negeri 3 Jember telah menerapkan Kurikulum Merdeka yang memberikan keleluasaan kepada para guru untuk merancang pembelajaran sesuai kebutuhan siswa. Model pembelajaran berbasis proyek menjadi salah satu model pembelajaran yang kerap di pakai, karena model pembelajaran ini melibatkan keterampilan pemecahan masalah yang dimana hal tersebut merupakan kemampuan dasar yang perlu dimiliki siswa.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah Bagaimana perencanaan model pembelajaran berbasis proyek dalam kegiatan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekrti di kelas X SMA Negeri 3 Jember, Bagaimana Pelaksanaan model pembelajaraan berbasis proyek dalam kegiatan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas X SMA Negeri 3 Jember, dan bagaimana evaluasi pelaksanaan model pembelajaran berbsasis proyek dalam kegiatan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas X SMA Negeri 3 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penilitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data model milik Miles Huberman, yaitu dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini yang pertama adalah tahap perencanaan model pembelajaran berbasis proyek di lakukan dengan beberapa langkah yaitu membuat Modul Ajar yang meliputi merumuskan tujuan pembelajaran, menyiapkan media dan sumber belajar, menyiapkan materi pembelajaran, menentukan model pembelajaran, dan menyusun alat evaluasi. Kemudian yang kedua yaitu tahap pelaksanaan model pembelajaran berbasis proyek ini menerapkan sintaks yaitu memulai dengan pertanyaan esensial, membuat desain rencana proyek, membuat jadwal pengerjaan serta batas penyelesaian proyek, pelaksanaan pengerjaan proyek, serta presentasi dan menilai hasil proyek. Sebuah permasalahan yang telah dirumuskan bersama kemudian di selesaikan secara bersama melalui pembuatan suatu proyek. Hasil temuan yang ketiga adalah tahap evaluasi model pembelajaran berbasis proyek dalam kegiatan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran PAI di kelas X SMA Negeri 3 Jember melalui 2 tahap penilaian yaitu penilaian proses pengerjaan proyek dan penilaian hasil proyek. Setiap komponen pekerjaan proyek dibuatkan instruman evaluasi yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nanda Farahah Umniah |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 03:45 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 08:32 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36922 |
Actions (login required)
View Item |