Febianti, Khusnul Fita (2024) Problematika Pembelajaran Muatan Lokal Baca Tulis Al-Qur'an (BTA) Dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur'an Siswa di SMPN 1 Jenggawah Tahun 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text (SK 205 PAI 2024)
Khusnul Fita Febianti Watermark.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Khusnul Fita Febianti, 2024: Problematika Pembelajaran Muatan Lokal Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) Dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Al-Qur’an Siswa Di SMPN 1 Jenggawah Tahun 2024.
Kata Kunci: Problematika, Muatan Lokal Baca Tulis Al-Qur’an, Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an.
Muatan Lokal Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) adalah proses kegiatan pembelajaran tata cara membaca dan menulis Al-Qur’an dengan baik dan benar. Dalam pembelajaran ini masih ditemukan problematika atau hambatan-hambatan yang muncul dari berbagai segi. Problematika tersebut hadir dari segi pendidik, peserta didik dan juga dari segi metode pembelajaran yang mana hal ini pada akhirnya berpengaruh pada keberhasilan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa.
Fokus penelitian ini ada 3 yaitu: 1) Bagaimana problem pembelajaran muatan lokal Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) dari segi pendidik dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa di SMPN 1 Jenggawah tahun 2023/2024? 2) Bagaimana problem pembelajaran muatan lokal Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) dari segi peserta didik dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa di SMPN 1 Jenggawah tahun 2023/2024? 3) Bagaimana problem pembelajaran muatan lokal Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) dari segi metode pembelajaran dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa di SMPN 1 Jenggawah tahun 2023/2024?
Tujuan penelitian ini ialah: 1) Untuk mendeskripsikan problem pembelajaran muatan lokal Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) dari segi pendidik dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa di SMPN 1 Jenggawah tahun 2023/2024 2) Untuk mendeskripsikan problem pembelajaran muatan lokal Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) dari segi peserta didik dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa di SMPN 1 Jenggawah tahun 2023/2024 3) Untuk mendeskripsikan problem pembelajaran muatan lokal Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) dari metode pembelajaran dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa di SMPN 1 Jenggawah tahun 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Milles, Huberman dan Saldana diantaranya: kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan penelitian diantaranya: 1) Jumlah tenaga pendidik relatif sedikit, keterbatasan waktu, tidak ada fasilitas media pembelajaran dari sekolah. 2) Kemampuan peserta didik berbeda-beda, ketidakseragaman latar belakang peserta didik dalam pendidikan Al-Qur’an,kurangnya minat dan motivasi belajar. 3) Metode pembelajaran yang monoton,ketidaksamaan metode membaca Al-Qur’an setiap siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Khusnul Fita Febianti |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 06:34 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 08:26 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36925 |
Actions (login required)
View Item |