Safitri, Shoffy Erina (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MAN 2 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text (SK 063 PGMI 2024)
Shoffy Erina Safitri- Watermak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan suatu model yang mampu memiliki keterampilan untuk memecahakan masalah. Dari hal tersebut tentu model ini memiliki peran yang signifikan untuk masa depan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwasannya Pembinaan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning telah digunakan dari kelas rendah maupun kelas tinggi di MIL MAN 2 Jember.
Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Laboratorium MAN 2 Jember, (2) Mendeskripsikan Hambatan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Laboratorium MAN 2 Jember, (3) Mendeskripsikan Upaya Guru Mengatasi Hambatan yang terjadi pada penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Laboratorium MAN 2 Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif penelitian lapangan (fielde research), Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi partisipasi pasif dan dokumentasi.
Hasil dalam penelitian ini 1) Guru kelas V telah menerapkan model problem based learning dengan cara memberikan penugasan dan permasalahan kepada peserta didik, adapun SINTAKS pembelajaran yang diterapkan dalam model problem based learning pada penelitian ini yaitu orientasi siswa pada masalah yang dimana guru kelas V memberikan masalah kepada peserta didik, mengorganisasi siswa untuk belajar yang dimana peserta didik diorganisasikan menjadi kelompok-kelompok dengan masalah tertentu yang harus diselesaikan, membimbing penyelidikan individual maupun kelompok yang dimana pada tahap ini guru melakukan bimbingan kepada peserta didik agar penyelidikan berlangsung sesuai dengan tujuan pembelajaran, mengembangkan dan menyajikan hasil karya dalam tahap ini peserta didik melakukan presentasi dari apa yang telah di dapat, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah yang mana pada tahap ini guru akan mengevaluasi dari hasil penyelidikan peserta didik. (2) Pada penelitian ini, yang mana peneliti memfokuskan penelitian di kelas V maka guru mendapati hambatan karena masalah cepat ditebak sehingga peserta didik merasa cepat bosan, 3) Adapun upaya yang dilakukan guru ialah mencari permasalahan yang kiranya sulit untuk ditebak sehingga tujuan pembelajaran yang telah ditentukan oleh guru bisa tercapai dengan maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Shoffy Erina |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 01:13 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 02:53 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36935 |
Actions (login required)
View Item |