Fajar, Ikhlasun Malik (2024) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PERSPEKTIF PEMIKIRAN HAMKA. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text (SK 215 PAi 2024)
watermark Ikhlasun Malik Fajar NIM T20181456.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Ikhlasun Malik Fajar, 2024 : “Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Perpsektif
Pemikiran HAMKA”
Kata Kunci : Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak, Pemikiran Hamka
Indonesia sedang marak isu-isu moral di kalangan pemuda seperti
penggunaan narkotika dan obat-obatan terlarang (narkotika, tawuran pelajar, ponografi, perkosaan, merusak milik orang lain, perampasan, penipuan, pengguguran kandungan, penganiayayan, perjudian, pelacuran, pembunuhan, dan lain-lain. Terlepas dari kenyataan bahwa moralitas adalah dasar untuk membangun individu, masyarakat, atau kesejahteraan dan kebahagiaan sejati, banyak individu mengabaikan pertumbuhan moral remaja, orang dewasa, dan bahkan orang tua. Pendidikan akhlak adalah unsur terpenting dalam pembangunan moral dan spiritual suatu bangsa. Timbulnya pendidikan akhlak, bersamaan dengan timbulnya kehidupan manusia dan berbagai persoalan mana yang baik dan buruk bagi setiap orang, walaupun dengan penilaian akal yang sederhana sekalipun. Pada dasarnya semua ini adalah untuk mengatur tata kehidupan manusia.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana nilai- nilai pendidikan akhlak kepada Allah perspektif pemikiran HAMKA? 2) Bagaimana nilai-nilai pendidikan akhlak kepada sesama manusia perspektif pemikiran HAMKA? 3) Bagaiman nilai-nilai pendidikan akhlak terhadap lingkungan perspektif pemikiran HAMKA?
Berdasarkan fokus penelitian di atas, maka tujuan penelitian ini sebagai berikut : 1) Untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan akhlak kepada Allah perspektif pemikiran HAMKA. 2) Untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan akhlak kepada sesama manusia perspektif pemikiran HAMKA. 3) Untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan akhlak terhadap lingkungan perspektif pemikiran HAMKA.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan studi Pustaka dan jenis penelitian kualitatif pengungkapan data melalui deskripsi (pemaparan), sehingga dalam pengelolaannya mengadakan dan mengemukakan sifat data yang diperoleh kemudian dianalisis lebih lanjut guna mendapatkan kesimpulan. Data primer yang digunakan ialah dokumen karya Buya Hamka. Adapun data sekundernya berupa dokumen tertulis seperti buku, e-book, Serta dokumen non-tertulis seperti bangunan, film, danrekaman yang relevan dengan variabel-variabel penelitian, sehingga memiliki daya guna untuk memecahkan masalah penelitian.
Penelitian ini memperoleh hasil bahwa 1) nilai-nilai pendidikan akhlak kepada Allah perspektif Hamka; ajaran mengabdi hanya kepada Allah yaitu termanifestasikan dalam bentuk bertaqwa hanya kepada Allah dan tidak mempersekutukannya dengan apapun, serta dalam berbuat dan bertindak haruslah selalu didasarkan atas-Nya. 2) nilai-nilai pendidikan akhlak terhadap sesama manusia perspekif Hamka; ajaran menjauhi sikap kultus individu yaitu, sikap atas kecintaan, kekaguman, penghormatan atas diri orang lain yang dilakukan secara berlebihan. 3) nilai-nilai pendidikan akhlak terhadap lingkungan perspektif Hamka; ajaran tidak berbuat kerusakan terhadap lingkungan di muka bumi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S. Pd Ikhlasun Malik Fajar |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 06:46 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 06:46 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36941 |
Actions (login required)
View Item |