Pembelajaran Kitab Risalatul Mahid dalam Meningkatkan Pengetahuan Haid, Nifas, dan Istihadlah di Pondok Pesantren Putri Al-Roudloh Karang Mluwo Mangli Kaliwates Jember

Rofi'ah, Nur (2024) Pembelajaran Kitab Risalatul Mahid dalam Meningkatkan Pengetahuan Haid, Nifas, dan Istihadlah di Pondok Pesantren Putri Al-Roudloh Karang Mluwo Mangli Kaliwates Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text (SK 214 PAI 2024)
Nur Rofi’ah_
204101010076 rev_compressed.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran, Kitab Risalatul Mahid, Haid, Nifas, Istihadloh
Kitab Risalatul Mahid adalah salah satu kitab klasik dasar yang spesifik membahas permasalahan haid, nifas, dan istihadloh. Dengan kitab ini setiap kalangan wanita wajib hukumnya mempelajari serta memahami permasalahan- permasalahan fikih wanita.
Adapun fokus penelitian ini adalah: 1. Bagaimana perencanaan pembelajaran kitab Risalatul Mahid dalam menimgkatkan pengetahuan haid, nifas, dan istihadloh di Pondok Pesantren Al-Roudloh Karang Mluwo Mangli Kaliwates Jember, 2. Bagaimana pelaksanaan kitab Risalatul Mahid dalam mengatasi permasalahan haid, nifas, dan istihadloh di Pondok Pesantren Al-Roudloh Karang Mluwo Mangli Kaliwates Jember, 3. Bagaimana evaluasi pembelajaran Kitab Risalatul Mahid dalam mengatasi permasalahan haid, nifas, dan istihadloh di Podok Pesanten Al-Roudloh Karang Mluwo Kaliwates Jember. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran kitab Risalatul Mahid dalam mengatasi permasalahan haid, nifas, dan istihadloh di Pondok Pesantren Al-Roudloh Karang Mluwo Kaliwates Jember, 2. Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kitab Risalatul Mahid dalam meningkatkan pengetahuan haid, nifas, dan istihadloh di Pondok Pesantren Al- Roudloh Karang Mluwo Mangli Kaliwates Jember, 3. Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran kitab Risalatul Mahid dalam meningkatkan pengetuan haid, nifas, dan istihadloh di Pondok Pesantren Al-Roudloh Karang Mluwo Kaliwates Jember.
Adapun pendekatan penelitian dalam skripsi ini adalah kualitatif dengan jenis peneitian studi kasus. Lokasi penelitian di Pondok Pesantren putri Al- Roudloh Jalan Jumat No.45 Karang Mluwo Mangli Kaliwates Jember. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kkeabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teori dan member chek
Adapun hasil penelitian yang di dapatkan oleh penulis adalah: 1. Perencanaan pembelajaran kitab risalatul mahid di Pondok Pesanten tidak menggunakan lembar perencanaan seperti di sekolah pada umumnya sehingga guru hanya dapat menyampaikan kepada para santri terkait komponen dari perencanaan pembelajaran, 2. Pelaksanaan pembelajaran kitab Risalatul Mahid di lakukan dengan menggunakan metode watonan yang dilaksanakan setiap satu minggu satu kali dihari tertentu, adapun metode yang di gunakan dalam pelaksanaan pembelajaran adalah metode ceramah, 3. Evaluasi pembelajaran kitab Risalatul mahid di lakukan sesuai dengan jadwal mengaji kitab dan di laksanakan di akhir pembelajaran dengan menggunakan tanya jawab terait materi yang dilakukan, evaluasi pembelajaran juga dilakukan tiap satu semester dengan cara mengadakan event tertentu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Rofi'ah
Date Deposited: 12 Nov 2024 07:29
Last Modified: 12 Nov 2024 07:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36944

Actions (login required)

View Item View Item