Febriyanti, Intan (2024) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Komik Pada Pembelajaran Ipa Materi Sistem Tata Surya Kelas Vii Di Smp Negeri 02 Ambulu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (SK 046 IPA 2024)
Intan Febriyanti_202101100024.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) |
Abstract
Intan Febriyanti, 2024: Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Komik Pada Pembelajaran IPA Materi Sistem Tata Surya Kelas VII DI SMP Negeri 02 Ambulu
Kata Kunci: Bahan Ajar, E-Komik, Pembelajaran IPA, Sistem Tata Surya
Materi IPA dianggap sulit bagi peserta didik salah satunya yaitu materi sistem tata surya. Materi tersebut dianggap sulit karena terdapat banyak konsep penting yang membutuhkan penjelasan secara nyata. Berdasarkan observasi, wawancara, dan analisis kebutuhan peserta didik kelas VII di SMP Negeri 02 Ambulu diketahui bahwa pembelajaran menggunakan metode ceramah dan masih terfokus pada LKS serta buku paket yang disediakan oleh sekolah sedangkan pada materi sistem tata surya terdapat banyak penjelasan gambar yang jika dijelaskan dengan metode ceramah kurang efektif. Sehingga menurunkan minat dan semangat peserta didik dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui validitas isi dan validitas materi bahan ajar berbasis E-komik pada pembelajaran IPA materi sistem tata surya kelas VII di SMP Negeri 02 Ambulu. 2) Untuk mengetahui tanggapan atau respon peserta didik terhadap bahan ajar berbasis E-komik pada pembelajaran IPA materi sistem tata surya kelas VII di SMP Negeri 02 Ambulu.
Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, dan Dissemination) yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Namun pada penelitian ini hanya sampai tahap Development saja dikarenakan terbatasannya waktu. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di SMP Negeri 02 Ambulu. Instrumen yang digunakan meliputi angket validasi ahli materi dan ahli media, pendidik serta lembar penilaian respon peserta didik. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif untuk mengetahui kelayakan bahan ajar yang dikembangkan.
Hasil validasi menunjukkan bahwa 1) E-komik yang dikembangkan berada dalam kategori "sangat layak", dengan nilai rata-rata 96% dari ahli materi dan 93,3% dari ahli media. Validasi yang dilakukan oleh pendidik memperoleh nilai rata-rata 96,3% yang artinya E-Komik layak untuk di uji cobakan. 2) Respon peserta didik juga sangat positif dengan skor rata-rata 89,2% untuk uji coba skala kecil dan 88,3% untuk uji coba skala besar yang menunjukkan bahwa e-komik dapat menarik minat dan memotivasi siswa dalam belajar. Berdasarkan hasil penelitian, bahan ajar berbasis e-komik pada materi Sistem Tata Surya terbukti layak digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan media pembelajaran yang inovatif dan membantu pendidik dalam menyampaikan materi IPA secara lebih menarik dan efisien.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 02 PHYSICAL SCIENCES > 0201 Astronomical and Space Sciences > 020109 Space and Solar Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Intan Febriyanti |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 02:50 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 02:50 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/36946 |
Actions (login required)
View Item |